Kesehatan Umum

Haid tak teratur? Coba 3 cara melancarkan haid ini, yuk

Jumat, 16 Oktober 2020 | 07:58 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Haid tak teratur? Coba 3 cara melancarkan haid ini, yuk

ILUSTRASI. Ada beberapa cara melancarkan haid yang bisa Anda coba. (Tribun Jateng/ Hermawan Handaka)

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Biasanya, menstruasi wanita berlangsung selama dua hingga tujuh hari dan pre menstrual syndrome (PMS) terjadi lima hingga 11 hari sebelum masa menstruasi berlangsung. Namun, sebagian wanita memiliki siklus yang tersendat. Cara melancarkan haid berikut ini bisa dicoba untuk mengatasi masalah itu.

Cek Makanan yang Anda Konsumsi

Healthline (healthline.com) mengatakan, mengonsumsi makanan dengan nutrisi yang tak seimbang bisa mengganggu kelenjar hipotalamus, pituitari, dan adrenal. Kelenjar-kelenjar itu berperan dalam keseimbangan hormon. Jadi, kalau terganggu, siklus menstruasi Anda pun menjadi bermasalah.

Pertama, pastikan untuk mencukupi karbohidrat Anda tiap hari. Mengonsumsi makanan rendah karbo bisa mengganggu fungsi tiroid dan menurunkan jumlah leptin yang mengatur hormon reproduksi.

Kedua, jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan berserat tinggi. Terlalu banyak mengonsumsi serat akan mengganggu produksi progesteron, estrogen, hormon LH, dan hormon FSH. Tak hanya itu, mengonsumsi terlalu banyak serat juga bisa mengganggu ovulasi.

Baca Juga: Kram saat menstruasi? Lakukan 6 cara mengatasi nyeri haid ini

Ketiga, usahakan untuk mencukupi kebutuhan lemak dan folat. Hal itu dilakukan agar ovulasi bisa lebih baik. Beberapa sumber makanan lemak yang bisa Anda konsumsi adalah salmon, minyak sayur, kacang walnut, dan lain sebagainya.

Hindari Stres dan Cukupi Waktu Tidur

Mencukupi waktu tidur bisa jadi cara melancarkan haid.

Mengutip dari Healthline, cara melancarkan haid lainnya juga bisa Anda lakukan dengan mencukupi waktu tidur Anda di malam hari. Cobalah untuk melakukan beberapa cara yang bisa membuat Anda cepat terlelap dan mendapat kualitas tidur yang baik.

Biasakan untuk tidur dan bangun di waktu yang sama setiap hari, hindari mengonsumsi kafein atau makanan berat mendekati tidur, dan rutin olahraga bisa jadi cara yang patut dicoba. Tak hanya itu, penting pula bagi Anda untuk mengelola stres dengan baik.

Saat stres, kelenjar adrenal akan memproduksi progesteron dan kortisol. Meski bisa menekan kecemasan yang Anda rasakan, produksi progesteron yang berlebihan akan mengganggu siklus menstruasi Anda.

Baca Juga: Jika ada tanda ini saat PMS, segera ke dokter

Atur Berat Badan

Mengatur berat badan agar tetap ideal menjadi cara melancarkan haid lainnya yang bisa Anda coba. Sebuah penelitian pada 2017 menunjukkan bahwa kelebihan berat badan membuat jadwal menstruasi menjadi tidak teratur.

Para peneliti mengatakan, kelebihan berat badan berpengaruh pada HPA axis yang mengatur hormon dalam tubuh. Beberapa penelitian lain juga mengatakan bahwa kelebihan berat badan membuat menstruasi terasa lebih sakit.

Selanjutnya: 5 warna darah haid ini bisa tunjukkan kondisi kesehatan, lo

Editor: Belladina Biananda


Terbaru