Kram saat menstruasi? Lakukan 6 cara mengatasi nyeri haid ini

Kamis, 10 September 2020 | 14:53 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Kram saat menstruasi? Lakukan 6 cara mengatasi nyeri haid ini

ILUSTRASI. Ada beberapa cara mengatasi nyeri haid yang bisa Anda lakukan.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Nyeri haid dialami oleh sebagian besar wanita. Beberapa wanita mengalami nyeri haid ringan, sementara wanita lain mengalami nyeri haid yang parah. Cara mengatasi nyeri haid diperlukan agar tubuh kembali merasa nyaman dan aktivitas bisa kembali dikerjakan.

Kompres Panas

Cara mengatasi nyeri haid yang pertama adalah menggunakan kompres panas. Kompres panas mampu merelaksasi uterus yang bekerja saat menstruasi.

Cara mengatasi nyeri haid ini juga bisa melancarkan sirkulasi darah di perut sehingga rasa sakit berkurang. Mengutip dari Healthline, menggunakan kompres panas mampu mengurangi rasa lelah dan mood swing selama menstruasi.

Essential Oil

Memijat perut dengan essential oil juga bisa dijadikan cara mengatasi nyeri haid. Anda bisa mencampurkan essential oil dengan carrier oil, seperti minyak kelapa, agar lebih mudah meresap dan menyebar di perut.

Anda bisa memijat perut dengan campuran minyak tersebut dengan gerakan memutar. Lakukan cara mengatasi nyeri haid ini selama lima menit.

Baca Juga: Beberapa jenis makanan yang meringankan gejala PMS

Olahraga

Menurut penelitian terbaru, cara mengatasi nyeri haid bisa dilakukan dengan olahraga aerobikdengan intensitas rendah ke sedang. Mengutip dari Healthline, kram saat menstruasi bisa berkurang saat wanita olahraga aerobik selama 30 menit sebanyak tiga kali dalam seminggu.

Yoga

Sama seperti olahraga, yoga juga bisa dimanfaatkan sebagai cara mengatasi nyeri haid. Nyeri haid bisa berkurang jika Anda rutin melakukan yoga selama 60 menit dalam satu minggu. Anda bisa mengikuti kelas yoga yang menggabungkan relaksasi dan olah fisik.

Hindari Kafein dan Makanan Asin

Cara mengatasi nyeri haid lainnya yang bisa coba adalah mengurangi makanan dan minuman yang menyebabkan kembung dan tidak nyaman. Beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari saat menstruasi adalah kafein, makanan asin, alkohol, dan makanan berlemak.

Baca Juga: Haid tak teratur, mungkin pertanda kista

Jangan Sampai Dehidrasi

Menurut para ahli, kram saat menstruasi akan lebih terasa saat tubuh dehidrasi. Cara mengatasi nyeri haid dapat Anda lakukan dengan menjaga tubuh agar terhidrasi dengan baik.

Healthline merekomendasikan agar Anda minum delapan gelas air putih setiap hari. Anda mungkin akan membutuhkan lebih banyak air putih saat cuaca panas atau saat olahraga.

Selanjutnya: Menstruasi tak sehat pengaruhi kesuburan

Editor: Belladina Biananda
Terbaru