Kesehatan Umum

6 Manfaat jahe yang perlu Anda tahu, bisa redakan mual dan nyeri haid

Rabu, 23 September 2020 | 14:33 WIB   Reporter: Belladina Biananda
6 Manfaat jahe yang perlu Anda tahu, bisa redakan mual dan nyeri haid

ILUSTRASI. Manfaat jahe bisa Anda gunakan untuk mengobati beberapa jenis penyakit.


KONTAN.CO.ID - Selain memiliki rasa yang lezat, jahe juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Manfaat jahe berasal dari nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Anda bisa mencampurkan salah satu jenis rempah ini dalam masakan yang Anda konsumsi sehari-hari. Berikut manfaat jahe yang bisa tubuh Anda rasakan:

  • Meredakan mual

Jahe mengandung minyak alami yang bernama gingerol. Kandungan ini yang menyebabkan jahe memiliki rasa yang khas dan aroma yang kuat. Mengutip dari Healthline, gingerol berfungsi sebagai antiinflamasi dan antioksidan.

Ada banyak bentuk jahe yang bisa Anda konsumsi, seperti jahe segar, jahe yang dikeringkan, dan bubuk jahe. Secara umum, jahe bisa mengobati flu dan masalah pencernaan seperti mual.

Selain itu, mual akibat hamil juga bisa diredakan menggunakan jahe. Menurut ulasan dari 12 penelitian, rasa mual jauh berkurang pada 1.278 wanita hamil yang mengonsumsi 1,1 hingga 1,5 gram jahe.

Baca Juga: Manfaat rebusan jahe, serei dan gula merah, dari cegah kanker, mual, diabetes dll

  • Mengobati sakit otot

Melansir dari Healthline, jahe efektif digunakan untuk menyembuhkan sakit otot karena adanya kandungan antiinflamasi. Meski tak bisa memberikan efek secara langsung, dampak jahe bisa Anda rasakan dalam beberapa hari.

Dalam sebuah penelitian, sakit otot jauh berkurang pada peserta yang mengonsumsi 2 g jahe setiap hari selama 11 hari.

  • Mengurangi gejala osteoartritis

Ostreoartritis merupakan penyakit yang menyerang sendi tubuh manusia. Seseorang dengan penyakit ini akan mengalami sendi kaku dan terasa sakit. Masalah itu bisa diatasi dengan antiinflamasi yang ada dalam jahe.

  • Mengurangi Nyeri Haid

Manfaat jahe berguna untuk redakan nyeri haid.

Apakah Anda sering mengalami nyeri haid? Jika iya, maka Anda bisa mengatasi hal tersebut dengan mengonsumsi jahe. Manfaat jahe untuk mengurangi nyeri haid sama efektifnya dengan obat yang dijual di apotek, seperti ibuprofen.

Baca Juga: 11 Manfaat jahe untuk kesehatan, bisa bantu redakan nyeri haid

Editor: Belladina Biananda


Terbaru