Kesehatan Umum

Waspada, inilah 4 penyakit kuku yang bisa Anda alami

Jumat, 04 Desember 2020 | 09:09 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Waspada, inilah 4 penyakit kuku yang bisa Anda alami

ILUSTRASI. Ada beberapa penyakit kuku yang berbahaya./Pho KONTAN.Carolus Agus Waluyo/04/06/2012.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sama seperti bagian tubuh yang lain, kuku manusia bisa terserang penyakit. Ada banyak hal yang menyebabkan munculnya penyakit kuku. Mulai dari infeksi, iritasi, dan lain sebagainya. Berikut ini beberapa penyakit yang bisa Anda alami.

Onychomycosis

Onychomycosis adalah penyakit yang terjadi akibat infeksi jamur. Biasanya, penyakit ini menyebabkan perubahan warna pada kuku menjadi kecokelatan atau kekuningan, penebalan kuku, hingga terbentuknya lubang pada kuku.

Penyakit jamur kuku tersebut umum dialami oleh banyak orang. Clinical Advisor (clinicaladvisor.com) mengatakan bahwa ada beberapa faktor yang meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit tersebut. Mulai dari penderita diabetes, pasien kelainan imun, orang tua, dan laki-laki.

Paronikia Kronis

Paronikia merupakan kondisi di mana kulit di sekitar kuku terinfeksi. Kulit akan membengkak dan meradang, terasa sakit dan lunak ketika disentuh. Saat sudah sampai pada tahap kronis, paronikia membuat kuku penderitanya berubah warna menjadi hijau dan bisa lepas.

Baca Juga: Inilah cara perawatan luka diabetes agar tidak diamputasi

Penyakit kuku tersebut bisa terjadi karena infeksi jamur, virus, atau bakteri. Biasanya, paronikia semakin parah saat kutikula mengalami luka yang terjadi secara berulang. Selain itu, sering meletakkan kaki dan tangan di tempat yang lembab dan basah bisa jadi faktor yang meningkatkan risiko penyakit tersebut.

Psoriasis

Clinical Advisor mengatakan bahwa psoriasis juga bisa menyebabkan masalah pada kuku Anda. Biasanya, psoriasis menyebabkan kuku menjadi mengelupas, menebal, dan muncul bercak kuning di bawah kuku.

Kuku Anda tetap bisa rusak meski Anda tak mengalami psioriasis belum muncul di kulit. Hal itu disebabkan karena faktor genetik juga memegang peranan. Jika Anda mengalami kerusakan kuku tanpa mengetahui alasannya, segera periksakan diri ke dokter supaya mendapat perawatan yang tepat.

Baca Juga: Inilah penyebab kuku kuning dan cara mengatasinya

Karsinoma Sel Skuamosa

Karsinoma sel skuamosa adalah salah satu jenis tumor ganas yang menyerang kuku manusia. Umumnya, karsinoma sel skuamosa dialami oleh seseorang yang pernah menjadi terapi radiasi untuk mematikan sel kanker.

Melansir Clinical Advisor, penyakit tersebut lebih sering dialami oleh penderita HIV. Jika Anda mengalami luka dan kerusakan kuku, Anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter. Nantinya, dokter akan melakukan tes, biopsi, atau prosedur medis lain sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Selanjutnya: Penyebab kutu air dan cara mencegahnya

Editor: Belladina Biananda


Terbaru