Waspada, ini 4 penyebab kedutan mata kanan atas

Rabu, 10 Februari 2021 | 17:55 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Waspada, ini 4 penyebab kedutan mata kanan atas

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kedutan adalah kontraksi kelopak mata yang terjadi secara cepat dan tidak terkontrol. Dalam istilah media, kondisi itu disebut dengan myokymia. Meski bisa terjadi di semua bagian kelopak mata, tidak sedikit orang yang mengalami kedutan mata kanan atas.

Biasanya, kedutan dibarengi dengan gejala yang lain dan setiap orang mengalami gejala yang berbeda-beda. Mulai dari mata berair, pandangan mengabur, produksi kotoran mata meningkat, mata terasa sakit dan gatal, serta lebih sensitif terhadap cahaya.

Jika kedutan disebabkan oleh gangguan pada sistem saraf, ada gejala lain yang dapat Anda rasakan. Misalnya, kedutan pada hidung, mulut, atau bagian wajah yang lain, cadel, kejang, dan tremor. Jika Anda mengalami gejala tersebut, segera periksakan diri ke dokter dan waspadai pula penyebab-penyebabnya.

Kecemasan

Salah satu penyebab umum munculnya kedutan mata kanan atas adalah karena adanya gangguan kecemasan. Mengutip dari Health Grades (healthgrades.com), saat cemas, tubuh Anda tidak bisa istirahat dengan benar.

Hasilnya, seluruh bagian tubuh merasa kelelahan, tak terkecuali otot di sekitar mata Anda. Segera konsultasikan ke dokter jika Anda sering merasa kedutan dibarengi dengan rasa cemas yang tak kunjung hilang, sulit berkonsentrasi, dan kesulitan untuk tidur.

Baca Juga: Mata suka kedutan, ini penyebabnya

Kafein

Kafein dalam kopi dapat menyebabkan kedutan mata kanan atas.

Terlalu banyak mengonsumsi kafein bisa menyebabkan kedutan, lo. Kafein yang terdapat dalam kopi, teh, atau cokelat dapat menstimulasi otot mata sehingga kedutan pun terjadi. Untuk menghindari hal itu, usahakan untuk tidak mengonsumsi kafein berlebih.

Mata Kering

Saat kelembaban mata kurang, mata menjadi lebih mudah iritasi karena benda asing. Health Grades mengatakan, iritasi yang berlangsung lama itulah yang dapat menyebabkan kedutan. Maka dari itu, usahakan untuk mengistirahatkan mata sesering mungkin, apalagi saat Anda berhadapan dengan gawai.

Baca Juga: Penyebab epilepsi dan faktor yang memicu kejang

Tubuh Kekurangan Nutrisi

Ada banyak nutrisi yang dibutuhkan tubuh agar bisa berfungsi secara optimal, misalnya magnesium, vitamin B12, vitamin D, dan lain sebagainya. Jika jumlahnya terlalu sedikit, ada banyak kondisi yang terjadi pada tubuh, termasuk kedutan mata kanan atas.

Magnesium berguna untuk mencegah dehidrasi dan mengontrol kerja otot. Saat tubuh kekurangan jenis mineral tersebut, kerja otot menjadi terganggu sehingga Anda pun mengalami kedutan. Untuk menghindarinya, cobalah untuk mengonsumsi makanan bergizi secara rutin.

Selanjutnya: 4 Cara menjaga kesehatan mata agar penglihatan terjaga

Editor: Belladina Biananda
Terbaru