Waspada 6 Penyebab Vertigo yang Dapat Membahayakan Kesehatan

Rabu, 25 Mei 2022 | 05:41 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Waspada 6 Penyebab Vertigo yang Dapat Membahayakan Kesehatan

ILUSTRASI. Vertigo.


KONTAN.CO.ID - Vertigo adalah salah satu gejala atau gangguan kesehatan yang perlu diwaspadai. Pasalnya, vertigo dapat menjadi gejala sekaligus tanda adanya gangguan fungsi tubuh yang membahayakan kesehatan. Untuk itu, penting mengetahui penyebab vertigo supaya Anda menjadi lebih waspada.

Selain itu penyebab vertigo juga kemungkinan sebagai tanda adanya gangguan kesehatan tubuh. Oleh karena itu penting mengetahui penyebab gejala vertigo muncul agar Anda tetap waspada sehingga dapat melakukan pencegahan dan pengobatan. 

Jika sudah mengetahui penyebab vertigo alangkah lebih baik untuk segera berkonsultasi dengan dokter untuk penangan lebih lanjut terkait hal yang Anda alami. 

Baca Juga: 5 Cara Menjaga Kesehatan Paru-Paru yang Mudah untuk Anda Lakukan

Melansir dari Everyday Health, berikut beberapa penyebab vertigo yang perlu anda ketahui: 

Stroke

Faktor penyebab munculnya vertigo yang pertama mungkin karena stroke. Pasalnya stroke merupakan kondisi dimana aliran darah dalam otak terhenti atau bahkan buruknya terjadi pergumpalan yang kemungkinan menjadi penyebab vertigo. 

Selain vertigo, stroke juga dapat mengganggu kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Labirintis 

Labirintis merupakan gangguan pada telinga bagian dalam terjadi peradangan atau iritasi. Hal tersebut diakibatkan oleh virus atau bakteri yang mana merupakan salah satu penyebab terjadinya vertigo dan jika dibiarkan lama-lama juga akan berdampak kepada indera pendengaran Anda tersebut. 

Baca Juga: 8 Cara Ampuh Mempercepat Pertumbuhan Rambut, Mau Coba?

Diabetes 

Diabetes juga dapa menjadi faktor penyebab vertigo kambuh. Pasalnya komplikasi diabetes membuat arteri merengas yang dapat mengganggu aliran darah ke otak. 

Oleh karena itu diabetes juga mungkin bisa menjadi faktor penyebab vertigo. 

Kolesteatoma

Kolesteatoma merupakan kondisi munculnya pertumbuhan kulit di telinga dalam. Hal tersebut tidak termasuk kanker, namun cenderung akan menyebabkan vertigo. 

Meniere

Meniere merupakan penyakit yang dapat menyebabkan vertigo. Selain dapat menyebabkan vertigo, meniere yang merupakan penyakit saluran pendengaran tersebut juga bisa menyebabkan rambut rontok.

Baca Juga: Efektif Menurunkan Kolesterol, Coba Konsumsi 8 Makanan Ini

Hamil

Everyday Health mengatakan bahwa hamil juga bisa menjadi salah satu faktor penyebab vertigo. Pasalnya, saat hamil kondisi tubub mengalami cukup banyak perubahan.

Namun, biasanya setelah melahirkan vertigo tidak akan kambuh lagi. Jika vertigo kambuh dengan beberapa penyebab di atas disarankan untuk segera berkonsultasi ke dokter agar vertigo bisa cepat ditangangi dan tidak mengganggu aktivitas Anda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru