kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

5 Cara Menjaga Kesehatan Paru-Paru yang Mudah untuk Anda Lakukan


Selasa, 24 Mei 2022 / 14:28 WIB
5 Cara Menjaga Kesehatan Paru-Paru yang Mudah untuk Anda Lakukan
ILUSTRASI. Cara menjaga kesehatan paru paru.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Menjaga kesehatan paru-paru adalah hal yang penting untuk dilakukan. Cukup banyak cara menjaga kesehatan paru-paru yang mudah untuk Anda lakukan. 

Paru-paru adalah salah satu organ penting dalam tubub yang harus dijaga kesehatannya. Pasalnya, jika terkena masalah, penyakit paru-paru merupakan salah satu penyebab kematian terbanyak. 

Sama seperti organ tubuh lainnya, seiring berjalannya waktu kinerja atau fungsi paru-paru akan semakin menurun. Hal tersebut akan berdampak sistem pernapasan akan tergantung.

Namun, hal tersebut bisa dicegah dengan menjaga kesehatan paru-paru sedari dini. 

Baca Juga: Simak 6 Penyebab Benjolan di Leher yang Perlu Anda Ketahui

Melansir dari Healthline, berikut beberapa cara menjaga kesehatan paru-paru yang mudah untuk dilakukan, di antaranya: 

Jangan merokok atau berhenti merokok

Memilih untuk tidak merokok atau berhenti merokok adalah salah satu cara menjaga kesehatan paru-paru yang bisa Anda lakukan. Selain itu, Anda mungkin sudah tahu bahwa merokok meningkatkan risiko kanker paru-paru.

Bahkan, itu bukan satu-satunya penyakit yang bisa ditimbulkannya. Faktanya, merokok dikaitkan dengan sebagian besar penyakit paru-paru, termasuk COPD, fibrosis paru idiopatik, dan asma. 

Latihan bernapas dengan olahraga

Selain menghindari rokok, latihan bernapas dengan berolahraga secara teratur mungkin adalah hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan paru-paru Anda.

Olahraga menjaga paru-paru Anda tetap bugar. Saat Anda berolahraga, jantung Anda berdetak lebih cepat dan paru-paru Anda bekerja lebih keras. Tubuh Anda membutuhkan lebih banyak oksigen untuk mengisi bahan bakar otot Anda.

Paru-paru Anda meningkatkan aktivitasnya untuk mengirimkan oksigen itu sambil mengeluarkan karbon dioksida tambahan. Hal tersebut membuat otot-otot dan kesehatan paru-paru menjadi lebih baik.

Baca Juga: 6 Ciri-Ciri Penyakit Jantung yang Perlu Diwaspadai, Catat!

Menghindari polusi udara

Polusi di udara dapat merusak paru-paru dan mempercepat penuaan. Meski, saat muda paru-paru dapat menangkal berbagai racun yang disebabkan polusi, beda halnya saat usia kian menua.

Oleh sebab itu, menghindari polusi udara merupakan salah satu cara menjaga kesehatan paru-paru yang mudah untuk dilakukan.

Menjaga kebersihan

Menjaga kebersihan adalah hal yang penting untuk dilakukan jika Anda serius ingin menjaga kesehatan paru-paru. Salah satu hal yang paling mudah dilakukan contohnya dengan meningkatkan kesadaran untuk mencuci tangan. 

Soalnya, jika kebersihan tidak terjaga akan meningkatkan risiko infeksi yang notabene berbahaya untuk kesehatan paru-paru.

Baca Juga: 5 Fungsi Vitamin K Untuk Kesehatan Tubuh, Catat!

Bernapas dalam-dalam

Perlu Anda ketahui, bernapas dalam-dalam dapat menjadi salah satu cara menjaga kesehatan paru-paru loh. Sebab, pernapasan dalam membantu membersihkan paru-paru dan menciptakan pertukaran oksigen penuh.

Selain itu, hal tersebut juga dapat membuat Anda lebih rileks dan menghilangkan sedikit stres.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×