kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45982,12   -8,25   -0.83%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

6 Ciri-Ciri Penyakit Jantung yang Perlu Diwaspadai, Catat!


Selasa, 24 Mei 2022 / 04:13 WIB
6 Ciri-Ciri Penyakit Jantung yang Perlu Diwaspadai, Catat!
ILUSTRASI. Penyakit jantung.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang cukup membahayakan kesehatan bahkan bisa merenggut nyawa. Untuk itu, penting mengetahui ciri-ciri agar Anda bisa lebih waspada dan segera melakukan pengobatan jika mengalami gejala penyakit jantung. 

Pasalnya, cukup banyak orang yang tidak menyadari ciri-ciri penyakit jantung. Bahkan, hingga ajalnya datang.  

Selain itu, ciri-ciri penyakit jantung relatif susah untuk dibedakan dengan gejala penyakit lain. Untuk itu, agar lebih aman segera periksa ke dokter atau tenaga medis terdekat jika Anda mengalami kesehatan yang kurang baik.

Baca Juga: Download Lagu Musik YouTube Gratis dan Mudah Melalui MP3 Juice, Begini Caranya

Melansir dari British Heart Foundation, berikut ciri-ciri penyakit jantung yang perlu Anda ketahui, di antaranya: 

Kaki dan Tangan Terasa Sakit 

Aliran darah yang kurang baik bisa membuat kaki dan tengan mengalami rasa sakit dan kram. Hal tersebut bisa menjadi salah satu ciri penyakit jantung. Selain itu, ciri-ciri penyakit jantung tersebut relatif muncul bagi Anda yang mempunyai diabetes. 

Sakit Perut

Sakit perut adalah gangguan kesehatan yang hampir pernah dialami semua orang. Namun, Anda harus sedikit waspada. Pasalnya, sakit perut juga menjadi salah ciri-ciri penyakit jantung apalagi jika dibarengi dengan sensasi seperti terbakar. 

Detak Jantung Tidak Beraturan

Perubahan detak jantung menjadi tidak beraturan menjadi ciri-ciri penyakit jantung yang perlu Anda ketahui. Anda perlu berhati-hati jika mengalami perubahan detak jantung secara tiba-tiba, apalagi hingga pingsan. 

Baca Juga: 6 Manfaat Mengkonsumsi Terong Untuk Kesehatan, Baik Untuk Kesehatan Tulang Loh

Nyeri Dada

Dada terasa sakit adalah hal yang lazim dan sering dikaitkan dengan penyakit jantung. Hal tersebut tidak salah, karena salah satu ciri penyakit jantung yang paling terasa adalah nyeri dada. Namun, tidak menutup kemungkin nyeri dada bisa disebabkan oleh faktor lain. 

Pembuluh Darah Menyempit

Penyakit jantung sangat erat kaitannya dengan aliran darah. Ciri-ciri penyakit jantung selanjutnya adalah pembuluh darah yang menyempit. Hal tersebut kerap membuat aliran darah menjadi tidak terlalu lancar, sehingga tubuh akan mudah merasa lelah. 

Kaki Bengkak

Ciri-ciri penyakit jantung selanjutnya ditandai dengan kaki yang menjadi bengkak. Jika Anda mengalami hal tersebut, segeralah untuk memeriksakan kesehatan Anda ke dokter. Meski demikian, kaki bengkak juga bisa disebabkan oleh faktor lain. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×