kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Wajib waspada, kencing berbusa dapat terjadi karena ini


Sabtu, 11 Desember 2021 / 10:05 WIB
Wajib waspada, kencing berbusa dapat terjadi karena ini


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak faktor yang memicu keluarnya kencing berbusa, mulai dari faktor ringan hingga faktor lain yang lebih serius. Tentu saja Anda perlu mewaspadainya sehingga bisa segera melakukan perawatan yang tepat.

Mengeluarkan air kencing yang terlalu kencang bisa membuat air kencing dipenuhi busa. Selain itu, beberapa masalah kesehatan yang mungkin tak Anda sadari juga bisa memicu kemunculan busa pada air kencing Anda.

Di bawah ini, ada beberapa faktor yang sebaiknya tidak Anda abaikan. Apabila busa pada kencing terus-menerus terbentuk, jangan ragu untuk periksa ke dokter. Dengan begitu, kesehatan Anda bisa selalu terpantau.

Penyakit Ginjal

Mengutip dari Medical News Today (medicalnewstoday.com), air kencing yang Anda keluarkan bisa bercampur dengan busa karena adanya masalah pada ginjal. Ginjal yang harusnya meyaring protein tak mampu menyelesaikan pekerjaannya dengan maksimal.

Akibatnya, kencing berbusa pun Anda alami. Tidak hanya itu, penyakit ginjal juga ditandai dengan kondisi-kondisi lainnya. Mulai dari kulit terasa gatal, mual, sesak napas, sering buang air kecil, dan lain-lain.

Baca Juga: Catat, 6 kondisi ini termasuk gejala sakit ginjal, lo

Dehidrasi

Salah satu penyebab kencing berbusa adalah dehidrasi.

Busa pada air kencing menandakan bahwa tubuh Anda kekurangan cairan atau mengalami dehidrasi. Selain berbusa, air kencing juga cenderung memiliki warna yang relatif lebih gelap. Alasannya karena protein dan kandungan lain tidak dikeluarkan dengan maksimal oleh bantuan air.

Cobalah untuk minum banyak minum air putih. Secara umum, Anda perlu minum delapan gelas air putih per hari. Namun, jumlah itu bisa berbeda tergantung dari aktivitas atau kondisi tubuh Anda sendiri. 

Apabila Anda merasa sudah minum banyak air putih, tapi Anda tetap mengeluarkan kencing berbusa, segera periksa ke dokter.

Baca Juga: Anda perlu mewaspadai 4 faktor penyebab kencing berbusa

Diabetes

Anda bisa mengeluarkan kencing berbusa karena penyakit diabetes.

Melansir Medical News Today, diabetes jadi jenis penyakit lain yang biasanya ditandai dengan munculnya busa di air kencing yang Anda keluarkan. Jumlah gula darah dalam tubuh yang tidak terkontrol mengakibatkan jumalh albumin dalam darah meningkat.

Hal itulah yang mengakibatkan air kencing Anda bercampur dengan busa. Selain mengeluarkan jenis kencing seperti itu, diabetes pun ditunjukkan dengan gejala yang lain. Misalnya, pandangan mengabur, mulut kering, terus merasa haus, dan gejala diabetes yang lain.

Selanjutnya: Sering lapar, ini 10 gejala penyakit ginjal yang harus Anda ketahui

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×