Catat, 6 kondisi ini termasuk gejala sakit ginjal, lo

Rabu, 22 September 2021 | 06:53 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Catat, 6 kondisi ini termasuk gejala sakit ginjal, lo

ILUSTRASI. Sulit tidur bisa jadi salah satu gejala sakit ginjal.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Meski sering terjadi, tapi ada banyak orang yang tak menyadari gejala sakit ginjal. Padahal, memerhatikan cicir-ciri penyakit tersebut bisa membantu Anda mendapat perawatan yang sesuai dengan lebih cepat.

Tanda penyakit ginjal biasanya tak langsung disadari karena kemiripannya dengan gejala penyakit lain. Selain itu, kebanyakan gejala baru benar-benar muncul saat penyakit ginjal dalam kondisi yang benar-benar parah.

Usia lebih dari 60 tahun, penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi, diabetes, atau kondisi kesehatan lain dapat meningkatkan risiko penyakit ginjal. Jadi, jangan ragu untuk segera mengunjungi dokter jika Anda memiliki kondisi tersebut dan mengalami beberapa ciri-ciri sakit ginjal di bawah ini.

Sulit Tidur

Mengutip dari National Kidney Foundation (kidney.org), sulit tidur termasuk salah satu kondisi yang menunjukkan masalah pada ginjal. Zat beracun mengendap di darah karena ginjal tak menjalankan fungsinya dengan optimal. Hal itulah yang berpengaruh pada kualitas tidur Anda di malam hari.

Baca Juga: Sering buang air kecil? 5 Hal ini bisa jadi penyebabnya

Sering Buang Air Kecil

Anda perlu berhati-hati jika sering buang air kecil karena kondisi itu termasuk dalam daftar gejala sakit ginjal. Selain jadi tanda penyakit ginjal, sering buang air kecil, apalagi di malam hari, berhubungan dengan risiko infeksi saluran kemih, atau inflamasi prostat pada pria.

Kencing Berbusa

Selain sering buang air kecil, penyakit ginjal ditandai pula dengan air kencing berbusa. Gangguan pada ginjal membuat banyak protein yang tak terserap tubuh dan justru keluar bersama dengan urin. Itulah alasan mengapa tekstur air kencing yang Anda keluarkan berbusa.

Nafsu Makan Turun

Nafsu makan yang turun tanpa sebab merupakan ciri-ciri penyakit ginjal berikutnya yang sebaiknya Anda waspadai. Lagi-lagi, hal itu terjadi karena penumpukan zat beracun dalam tubuh karena ginjal tak mampu berfungsi dengan baik.

Baca Juga: Anda mengalami nyeri perut kanan bawah? 5 hal ini penyebabnya

Kulit Kering dan Terasa Gatal

Kulit kering dan terasa gatal bisa jadi gejala sakit ginjal.

Gejala sakit ginjal berikutnya yang disebutkan National Kidney Foundation adalah kulit kering dan muncul rasa gatal. Fungsi ginjal lainnya adalah menjaga keseimbangan mineral dalam tubuh. Ketika fungsi itu tak bekerja dengan benar, tubuh menjadi kekurangan mineral sehingga kulit pun menjadi kering.

Kram Otot

Kram otot jadi kondisi lain yang menandakan adanya masalah pada ginjal. Sehubungan dengan poin sebelumnya, penderita ginjal cenderung kekurangan kalsium. Hal itu berdampak pada kondisi otot yang membuat Anda berisiko sering mengalami kram otot.

Selanjutnya: Jangan Anda abaikan, berikut 7 ciri-ciri penyakit ginjal stadium awal

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru