Anda perlu mewaspadai 4 faktor penyebab kencing berbusa

Sabtu, 02 Oktober 2021 | 12:00 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Anda perlu mewaspadai 4 faktor penyebab kencing berbusa


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Setiap orang bisa mengeluarkan kencing berbusa. Meski demikian, bukan berarti Anda bisa mengabaikannya, ya. Anda perlu mengenali penyebabnya supaya kondisi tubuh tak memburuk.

Dengan memeriksakan diri ke dokter, perawatan yang tepat bisa Anda dapat dengan cepat. Artinya, kondisi kesehatan tubuh Anda bisa tetap terjaga. Bila terlambat ditangani, bukan tidak mungkin muncul masalah kesehatan lain yang lebih parah.

Anda tidak perlu khawatir, kondisi tersebut juga bisa terjadi karena beberapa hal yang tidak serius. Jadi, Anda tidak perlu langsung panik dan merasa bingung saat mengalaminya.

Beberapa penyebab kencing berbusa yang bisa Anda alami adalah kandung kemih penuh, dehidrasi, urin mengandung terlalu banyak protein, dan lain sebagainya. Berikut beberapa penjelasan yang bisa Anda dapatkan.

Kandung Kemih Penuh

Mengutip Nova IVF Fertility (novaivfvertility.com), kencing berbusa bisa terjadi saat kandung kemih Anda penuh. Ketika hal itu terjadi, aliran air kencing yang keluar menjadi lebih cepat sehingga tekanan pun bertambah. Nah, hal itulah yang membuat kemunculan buih pada air kencing meningkat.

Baca Juga: Ini 10 makanan yang pantang dikonsumsi penderita gagal ginjal

Dehidrasi

Dehidrasi termasuk salah satu faktor penyebab kencing berbusa.

Air kencing berbusa juga bisa terjadi saat Anda dehidrasi. Saat tubuh kekurangan cairan, jumlah protein dalam urin bertambah sehingga urin menjadi lebih berkonsentrasi. Ketika kondisi tersebut terjadi, urin yang keluar pun menjadi berbuih.

Umumnya, setiap orang membutuhkan delapan gelas air putih per hari. Namun, jumlah itu bisa berbeda-beda. Tergantung dari aktivitas, cuaca di lingkungan Anda, serta kondisi kesehatan tubuh. Jika memang diperlukan, Anda bisa minum lebih dari delapan gelas per hari.

Penyakit Ginjal

Penyakkit ginjal bisa jadi salah satu penyebab kencing berbusa.

Selain disebabkan karena dehidrasi, jumlah protein dalam urin meningkat saat Anda menderita penyakit ginjal. Penyakit membuat ginjal tak mampu berfungsi dengan maksimal. Akibatnya, protein dan jenis mineral lain bercampur dengan urin.

Tentu saja Anda perlu mewaspadai penyakit tersebut. Segera periksakan diri ke dokter apabila muncul gejala lain yang lebih parah. Anda juga perlu memerhatikan faktor lain yang dapat memicu penyakit ginjal. Misalnya, riwayat kesehatan keluarga, penyakit diabetes, tekanan darah tinggi, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Mengalami nyeri perut sebelah kiri? Ini 5 penyebabnya

Ejakulasi Terbalik

Nova IVF Fertility menyebutkan bahwa kencing berbusa bisa terjadi saat Anda menderita ejakulasi terbalik. Ejakulasi terbalik merupakan kondisi saat sperma tidak keluar melalui penis, tapi justru ke kandung kemih.

Sama seperti poin sebelumnya, ada beberapa faktor yang memicu terjadinya ejakulasi terbalik. Mulai dari diabetes, obat tekanan darah tinggi, kerusakan pada sistem saraf, operasi, dan lain sebagainya.

Nah, dengan mengenali penyebabnya, Anda bisa mendapat perawatan yang sesuai. Jangan ragu untuk pergi ke dokter dan mengonsultasikan kondisi Anda dengan dokter, ya.

Selanjutnya: 5 Gejala sakit ginjal pada wanita ini bisa Anda alami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru