Kesehatan Umum

5 Gejala sakit ginjal pada wanita ini bisa Anda alami

Rabu, 16 Juni 2021 | 12:32 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Gejala sakit ginjal pada wanita ini bisa Anda alami

ILUSTRASI. Sering buang air kecil jadi gejala sakit ginjal pada wanita yang sering terjadi. KONTAN/Daniel Prabowo.

KONTAN.CO.ID - Meski bisa dialami oleh siapa saja, penyakit ginjal lebih sering diderita oleh wanita. Maka dari itu, gejala sakit ginjal pada wanita perlu Anda waspadai agar bisa segera mendapat perawatan yang tepat.

Wanita memiliki saluran kencing yang lebih pendek dibandingĀ pria. Hal itulah yang menyebabkan wanita lebih berisiko terkena penyakit ginjal. Selain itu, gaya hidup yang kurang sehat juga bisa jadi penyebab lainnya.

Jika Anda mengalami beberapa gejala ini, ada baiknya bagi Anda untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Nantinya, dokter akan menindaklanjuti laporan gejala yang Anda alami dengan beberapa pemeriksakan.

Dengan begitu, penanganan yang sesuai bisa Anda dapatkan. Nah, berikut gejala sakit ginjal pada wanita perlu Anda waspadai:

Sering buang air kecil

Sering buang air kecil jadi salah satu gejala sakit ginjal pada wanita yang dapat Anda alami. Kondisi itu terjadi karena ginjal gagal menjalankan fungsinya dengan benar.

Selain menjadi tanda penyakit ginjal, sering buang air kecil juga bisa jadi gejala penyakit saluran kencing lainnya. Jadi, jangan mengabaikan hal itu, ya.

Baca Juga: Kenali 5 gejala gagal ginjal stadium awal, semakin cepat diobati semakin mudah sembuh

Kaki bengkak

Melansir Kidney.org, penyakit ginjal ditandai dengan kaki bengkak. Salah satu fungsi ginjal adalah mengeluarkan natrium berlebih yang tidak dibutuhkan tubuh.

Saat fungsi itu tak berjalan dengan baik, natrium justru menumpuk sehingga menyebabkan pembengkakan pada kaki.

Sulit tidur

Apakah Anda sering mengalami kesulitan untuk tidur? Jika iya, Anda perlu berhati-hati karena kondisi itu termasuk salah satu gejala sakit ginjal pada wanita.

Zat racun yang tak mampu dikeluarkan ginjal terus berputar dalam tubuh Anda, sehingga mengganggu jadwal tidur Anda di malam hari.

Baca Juga: 10 Pantangan makanan bagi penderita gagal ginjal agar kondisinya tak memburuk

Urin bercampur darah dan berbusa

Laman Kidney.orgĀ menyebutkan, gejala penyakit ginjal lainnya adalah urin yang keluar berbusa dan bercampur dengan darah. Hal itu terjadi karena fungsi ginjal terganggu sehingga protein dan darah dalam tubuh ikut keluar bersama urin.

Nafsu makan turun

Nafsu makan turun termasuk salah satu gejala sakit ginjal pada wanita.

Turunnya nafsu makan termasuk gejala sakit ginjal pada wanita yang sebaiknya Anda waspadai. Zat racun yang seharusnya dikeluarkan justru menumpuk dalam tubuh. Akibatnya, sistem pencernaan Anda terganggu sehingga nafsu makan menurun.

Selanjutnya: Obat alami dan cara membantu menyembuhkan batu ginjal

Editor: Belladina Biananda
Terbaru