Wajib waspada! Kenali ciri-ciri long covid ini, yuk

Senin, 08 November 2021 | 15:12 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Wajib waspada! Kenali ciri-ciri long covid ini, yuk

ILUSTRASI. Ada banyak gejala long covid yang sebaiknya Anda ketahui. REUTERS/Kim Kyung-Hoon TPX IMAGES OF THE DAY

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Meski bisa sembuh, tapi efek Covid-19 bisa Anda rasakan dalam jangka waktu lama. Gejala Virus Corona bisa terus Anda alami meski Anda sudah dinyatakan sembuh. Kondisi itu biasa disebut dengan istilah ling covid.

Saat sakit, tubuh yang terasa lelah memang sudah biasa. Sayangnya, kelelahan akibat infeksi Virus Corona cukup ekstrem dan bisa bertahan lama. Mengutip dari Eatthis.com, Anda mudah merasa lelah, bahkan ketika Anda melakukan pekerjaan rumah yang sebelumnya terasa mudah.

Selain kelelahan ekstrem, long covid juga ditandai dengan sesak napas. Sebenarnya, kondisi itu merupakan hal yang biasa, mengingat Virus Corona menyerang sistem pernapasan. Namun, sesak napas sebagai long covid bisa menimbulkan efek lain, seperti gangguan kecemasan.

Baca Juga: Cegah virus corona varian Delta dengan jenis masker ini

Takikardia adalah gejala Covid-19 lain yang bisa terus Anda alami. Melansir Eatthis.com, takikardia adalah kondisi di mana jantung Anda berdetak lebih cepat daripada batas normal. Umumnya, orang dewasa yang memiliki detak jantung 100 BPM tergolong memiliki detak jantung yang terlalu cepat.

Tidak berhenti sampai di situ, masih ada gejala long covid lain yang bisa Anda alami, yaitu brain fog. Brain fog membuat Anda kesulitan untuk fokus atau berkonsentrasi, apalagi jika Anda memiliki pekerjaan yang terhubung ke layar komputer.

Baca Juga: Tak mudah hilang, gejala Covid-19 bisa terus Anda alami

Sampai saat ini, belum bisa dipastikan seberapa lama long covid yang dialami oleh banyak pasien bisa sembuh. Jika Anda mengalami gejala Covid-19 apa pun yang tak kunjung hilang, jangan ragu untuk selalu memeriksakan diri ke dokter.

Dengan begitu, kondisi kesehatan bisa tetap terpantau. Dokter juga bisa memberikan beberapa jenis obat yang sesuai dengan keperluan Anda. Selain itu, jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dan menjaga sistem imun tubuh, ya.

Selanjutnya: Perkasa, rupiah spot ditutup menguat ke Rp 14.260 per dolar AS pada hari ini (8/11)

Editor: Belladina Biananda
Terbaru