Tak mudah hilang, gejala Covid-19 bisa terus Anda alami

Senin, 23 Agustus 2021 | 15:49 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Tak mudah hilang, gejala Covid-19 bisa terus Anda alami

ILUSTRASI. Nyeri otot jadi gejala Covid-19 yang terjadi dalam jangka waktu lama.

KONTAN.CO.ID - Tidak hanya berisiko menyebabkan kematian, infeksi Covid-19 juga bisa membuat Anda sakit dalam jangka waktu lama. Ada banyak gejala Covid-19 yang terus Anda alami, meski sudah dinyatakan sembuh.

Untuk menghindari hal itu, usahakan untuk segera mendapat suntikan vaksin Covid-19. Vaksin membantu tubuh Anda lebih kuat melawan infeksi virus corona. Tingkat keparahan dan risiko kematian akibat penyakit itu juga bisa Anda hindari.

Tidak berhenti sampai di situ, supaya ciri-ciri terinfeksi virus corona ini tak Anda alami, cobalah untuk menerapkan protokol kesehatan secara disiplin.

Jaga jarak dengan orang lain, pakai masker, dan jaga kebersihan tangan. Dengan begitu, risiko mengalami gejala Covid-19 ini berkepanjangan bisa menurun.

Baca Juga: Ini gejala long covid yang bisa Anda alami, waspada!

Kelelahan ekstrem

Mengutip dari Eatthis.com, kelelahan ekstrem jadi salah satu kondisi yang terus dialami oleh pasien Covid-19.

Meski bisa hilang dalam beberapa hari, kelelahan ekstrem bisa kembali Anda alami. Bahkan, kondisi itu terjadi meski Anda tak melakukan banyak kegiatan.

Nyeri otot

Nyeri otot jadi gejala Covid-19 berikutnya yang terjadi dalam jangka waktu lama. Hal itu terjadi karena virus corona menyerang sistem saraf dan kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Bagian tubuh yang terasa sakit pun beragam, misalnya, di bagian dada atau punggung.

Baca Juga: Waspada! Inilah gejala long covid yang bisa Anda alami

Brain fog

Ciri-ciri terinfeksi virus corona lainnya yang tak mudah hilang adalah brain fog.

Melansir Eatthis.com, brain fog menyebabkan Anda sulit berkonsentrasi dan mengingat beberapa hal yang sebenarnya mudah untuk Anda. Contohnya, tugas yang biasa Anda lakukan atau beberapa kata tertentu.

Demam

Demam jadi gejala Covid-19 yang bisa berlangsung lebih lama.

Demam jadi salah satu tanda Covid-19 yang dialami oleh banyak orang. Nah, kondisi itu bisa terus Anda alami meski Anda sudah dinyatakan sembuh, lo.

Ada banyak faktor yang menyebabkan hal itu. Mulai dari tubuh yang masih menyesuaikan diri hingga tubuh mengira masih ada virus yang perlu dilawan.

Selanjutnya: Efek samping vaksin Covid-19 tak terlalu parah, enggak perlu khawatir

Editor: Belladina Biananda
Terbaru