Penting dikenali, ini 10 tanda infeksi paru-paru yang harus diperhatikan

Jumat, 29 Oktober 2021 | 07:42 WIB Sumber: Kompas.com
Penting dikenali, ini 10 tanda infeksi paru-paru yang harus diperhatikan

ILUSTRASI. Kesehatan paru-paru sangat penting diperhatikan. Ada sejumlah tanda infeksi paru-paru yang penting dikenali.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kesehatan paru-paru sangat penting diperhatikan. Ada sejumlah tanda infeksi paru-paru yang penting dikenali. Tujuannya tak lain untuk mendukung upaya diagnosis dini dan pengobatan sesegera mungkin atas masalah kesehatan ini. 

Infeksi paru-paru adalah kondisi di mana mikroorganisme penyebab penyakit menyebabkan kerusakan dan peradangan di saluran udara atau jaringan paru-paru. 

Melansir Verywell Health, infeksi paru-paru dapat disebabkan oleh virus, bakteri, jamur, maupun parasit. 

Dalam beberapa kasus, lebih dari satu jenis mikroorganisme bisa saja bertanggung jawab untuk infeksi paru-paru. Misalnya, bronkitis virus dapat menyebabkan pneumonia bakteri. 

Infeksi paru-paru bisa ringan atau parah dan dapat menyerang orang-orang dari segala usia. Tapi, beberapa infeksi mungkin jauh lebih umum terjadi pada usia tertentu. 

Baca Juga: Penyakit campak dan rubella: Gejala, pencegahan, dan manfaat imunisasi

Infeksi paru-paru ini dapat memengaruhi saluran udara dari berbagai ukuran (bronkus, bronkiolus, alveoli) atau jaringan yang mengelilingi saluran udara paru-paru. 

Tanda infeksi paru-paru Ada sejumlah gejala yang biasa terlihat pada infeksi paru-paru. Gejalanya bisa bervariasi dari ringan hingga berat tergantung pada beberapa faktor. Ini termasuk, usia, kondisi kesehatan secara keseluruhan, dan apakah infeksi tersebut disebabkan oleh virus, bakteri, atau jamur. 

Baca Juga: 4 Cara menjaga organ pernapasan ini perlu Anda coba

Gejala infeksi paru-paru bisa saja mirip dengan selesma atau flu, tetapi cenderung bertahan lebih lama. 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru