4 Cara menjaga organ pernapasan ini perlu Anda coba

Rabu, 27 Oktober 2021 | 13:22 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Cara menjaga organ pernapasan ini perlu Anda coba

ILUSTRASI. Rajin olahraga termasuk salah satu cara menjaga organ pernapasan. REUTERS/Loren Elliott


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Organ pernapasan adalah salah satu hal penting yang perlu Anda jaga. Ketika terserang penyakit, ada banyak gangguan yang bisa Anda alami. Maka dari itu, cara menjaga organ pernapasan perlu Anda praktikkan secara teratur.

Sebenarnya, organ pernapasan Anda, seperti paru-paru, memiliki mekanisme sendiri untuk menghindari infeksi bakteri atau faktor lain penyebab penyakit pernapasan. Namun, Anda bisa melakukan beberapa hal untuk membantu mekanisme tersebut supaya berjalan lebih maksimal.

Dengan melakukan beberapa kegiatan di bawah ini secara teratur, kesehatan paru-paru dan saluran pernapasan yang lain bisa tetap terjaga. Namun, apabila ada gejala tertentu yang Anda rasakan, jangan ragu untuk segera membicarakannya ke dokter, ya.

Olahraga

Berapa pun usia Anda, olahraga merupakan kegiatan penting yang perlu sering Anda lakukan. Mengutip dari American Lung Association (lung.org), olahraga dapat menjaga paru-paru tetap sehat. Tidak hanya itu, olahraga juga bisa menjaga kesehatan tubuh yang lain.

Pilihlah jenis olahraga yang Anda sukai, seperti berenang, jogging, bersepeda, dan lain sebagainya. Apabila Anda belum terbiasa berolahraga, cobalah untuk melakukannya dengan intensitas rendah. Seiring berjalannya waktu, intensitas dan durasi olahraga bisa terus Anda tambah.

Baca Juga: Minum kopi bisa turunkan berat badan, simak 6 caranya

Berhenti Merokok

Cara menjaga organ pernapasan adalah dengan berhenti merokok.

Cara menjaga organ pernapasan berikutnya adalah dengan berhenti merokok. Asap rokok yang Anda hirup bisa mengganggu kesehatan saluran pernapasan dan bagian tubuh yang lain. Asap rokok dapat mempersempit saluran pernapasan sehingga menimbulkan iritasi.

Ketika hal itu terjadi, Anda akan kesulitan untuk bernapas seperti biasa. Jika terus-menerus dibiarkan, asap rokok akan menumpuk di organ pernapasan sehingga memicu pertumbuhan sel kanker. Jika Anda merasa kesulitan untuk menghentikan kebiasaan itu, cobalah untuk meminta saran dokter.

Baca Juga: Efektif, begini 4 cara mudah menghilangkan bau kaki

Kurangi Paparan Polusi

Memakai masker untuk menghindari paparan polusi bisa jadi cara menjaga organ pernapasan.

Tidak hanya menghindari asap rokok, meminimalisasi paparan jenis polusi yang lain juga termasuk dalam daftar cara menjaga organ pernapasan. Jika Anda berada di tempat dengan tingkat tingkat polusi tinggi, cobalah untuk menggunakan pelindung saluran pernapasan, misalnya masker.

Rutin Periksa ke Dokter

American Lung Association merekomendasikan Anda untuk rutin melakukan pemeriksaan ke dokter, meski Anda merasa baik-baik saja. Kebiasaan itu Anda perlukan untuk mewaspadai kondisi-kondisi yang mungkin belum nampak, tapi bisa berbahaya untuk kesehatan Anda.

Selanjutnya: Mau wajah awet muda? Coba lakukan 17 kebiasaan ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru