CLOSE [X]

Wajib Tahu, Ini 6 Penyebab Sakit Kepala yang Bisa Terjadi

Senin, 17 Januari 2022 | 14:33 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Wajib Tahu, Ini 6 Penyebab Sakit Kepala yang Bisa Terjadi

ILUSTRASI. Ada banyak faktor yang bisa jadi penyebab sakit kepala.


KONTAN.CO.ID - Mengetahui penyebab sakit kepala bisa jadi salah satu cara yang memudahkan Anda untuk melakukan pengobatan. Dengan begitu, rasa sakit yang muncul bisa hilang dengan lebih cepat sehingga tubuh Anda kembali terasa nyaman.

Cara mengobati sakit kepala yang pertama adalah dengan mengonsumsi obat yang dijual di pasaran. Namun, mengonsumsi obat sakit kepala dalam jangka waktu lama dapat memunculkan efek samping. Cara lain yang bisa Anda coba, memanfaatkan bahan alami di sekitar Anda.

Tapi, cara-cara tersebut tak mengatasi sakit kepala secara keseluruhan. Hal terpenting yang perlu Anda lakukan adalah dengan mengatasi penyebabnya. Mengutip dari Tylenol, ada berbagai macam faktor yang memicu sakit kepala, baik yang Anda sadari atau tidak:

Gangguan kecemasan

Penyebab sakit kepala pertama yang tidak disadari oleh banyak orang adalah gangguan kecemasan. Merasa cemas adalah hal yang biasa terjadi. Namun, saat kecemasan yang Anda rasakan tidak terkontrol, hal itu bisa menyebabkan sakit kepala.

Baca Juga: 4 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan yang Bisa Anda Alami

Jenis obat tertentu

Jika Anda mengalami sakit kepala setelah mengonsumsi obat, bisa jadi obat itulah yang jadi pemicunya. Anda perlu berkonsultasi dengan dokter mengenai efek samping obat yang Anda minum. Dengan begitu, dokter menjadi tahu dan bisa menyarankan obat lain yang bisa Anda konsumsi.

Terlalu sedikit melakukan aktivitas fisik

Berlawanan dengan poin sebelumnya, sakit kepala juga bisa disebabkan karena Anda terlalu sedikit melakukan aktivitas fisik. Mulailah melakukan olahraga secara rutin dengan intensitas yang rendah. Jika perlu, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter tentang jenis olahraga apa yang tepat untuk Anda coba.

Kafein

Mengonsumsi kafein terlalu banyak bisa jadi penyebab sakit kepala.

Apakah Anda memiliki kebiasaan minum kopi? Ternyata, kebiasaan itu berpotensi menyebabkan sakit kepala, lo. Apalagi, jika Anda mengonsumsi kopi dalam jumlah besar. Alasannya karena kopi mengandung kafein yang berpengaruh pada aliran darah di otak yang menyebabkan sakit kepala.

Baca Juga: Jadi Penyebab Sakit Kepala Sebelah Kiri, Waspadai 5 Faktor Ini

Aktivitas fisik terlalu berat

Sadarkah Anda bahwa aktivitas fisik yang terlalu berat, seperti gym, dapat menyebabkan sakit kepala? Aktivitas fisik yang terlalu berat dapat memicu pembengkakan pembuluh darah di kepala, kulit kepala, dan leher. Hal itulah yang menyebabkan sakit kepala Anda rasakan.

Kebisingan

Tylenol menyebutkan, kebisingan yang Anda dengarkan bisa memicu kemunculan sakit kepala. Jika Anda mendengarkan lagu dengan ritme dan suara yang keras, cobalah untuk memelankan volumenya supaya sakit kepala berkurang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru