4 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan yang Bisa Anda Alami

Sabtu, 15 Januari 2022 | 10:55 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan yang Bisa Anda Alami

KONTAN.CO.ID - Sakit perut sebelah kanan adalah kondisi yang bisa dialami siapa saja. Intensitas rasa sakit yang Anda rasakan pun berbeda-beda. Begitu pula dengan durasinya.

Anda perlu berhati-hati apabila muncul kondisi lain yang menyertai sakit perut. Mulai dari nyeri dada, demam, baung air besar berdarah, mual, muntah, hingga perut yang membengkak.

Segera periksakan diri ke dokter dan sampaikan kondisi-kondisi yang Anda alami. Nantinya, dokter akan menjalankan beberapa jenis pemeriksaan.

Bila diperlukan, Anda juga diminta untuk melakukan beberapa tes kesehatan. Setelah itu, dokter akan memberikan saran pengobatan seperti apa yang Anda butuhkan dan disesuaikan dengan penyebabnya.

Batu ginjal

Batu ginjal terbentuk karena adanya penumpukan garam atau jenis mineral lain. Mengutip dari Healthline, kemunculan batu ginjal bisa menimbulkan rasa sakit ketika bergerak ke saluran antara kandung kemih dan ginjal.

Baca Juga: Bisa Anda alami, kenali 5 penyebab nyeri perut sebelah kiri ini

Menstruasi

Menstruasi bisa menyebabkan sakit perut sebelah kanan.

Bagi wanita, sakit perut sebelah kanan bisa menandakan adanya menstruasi. Kondisi itu bisa berlangsung sebelum hingga saat menstruasi terjadi.

Selain sakit perut, ada gejala menstruasi lain yang dapat Anda alami. Misalnya, mual, sakit kepala, pusing, dan diare.

Kehamilan ektopik

Kehamilan ektopik adalah jenis kehamilan yang terjadi di luar rahim.

Tidak hanya membuat sakit perut, kehamilan ektopik juga membuat Anda mengalami pendarahan, muncul rasa sakit ketika buang air besar atau buang air kecil, kelelahan, muncul rasa sakit dari pundak hingga lengan, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Ini dia posisi tidur yang tepat dan nyaman untuk ibu hamil

Radang usus buntu

Faktor umum lainnya yang jadi penyebab umum sakit perut sebelah kanan adalah radang usus buntu. Anda tidak boleh mengabaikan rasa sakit yang Anda alami.

Jika radang usus buntu terlambat diatasi, usus buntu bisa pecah sehingga infeksi pun menyebar ke bagian tubuh yang lain.

Ada banyak gejala radang usus buntu lain yang dapat terjadi selain sakit perut. Mulai dari sembelit, demam, nafsu makan turun, perut bengkak, mual, hingga muntah.

Jika memang diperlukan, Anda perlu menjalani operasi radang usus buntu agar kesehatan tak semakin buruk.

Selanjutnya: Promo J.CO Mingguan sampai 16 Januari 2022, Paket Menarik untuk Donut dan Minuman

Editor: Belladina Biananda
Terbaru