Wajib Anda coba, ini 6 cara mengatasi mual saat hamil

Kamis, 09 Desember 2021 | 09:03 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Wajib Anda coba, ini 6 cara mengatasi mual saat hamil

ILUSTRASI. Ada banyak makanan yang bisa Anda konsumsi sebagai cara mengatasi mual saat hamil.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Saat hamil, mual merupakan kondisi yang cukup umum terjadi. Hal itu memang tak terlalu membahayakan, tapi bukan berarti Anda bisa mengabaikannya. Cara mengatasi mual saat hamil tetap perlu Anda lakukan supaya kondisi tubuh tak memburuk.

Sebenarnya, ada banyak obat apotek yang bisa Anda konsumsi. Namun, mual yang Anda alami selama hamil tak hanya bisa diatasi dengan cara itu. Mengonsumsi beberapa bahan alami, menghindari jenis makanan atau minuman tertentu, dan cara-cara yang lain masih bisa Anda coba.

Namun, perlu diingat bahwa cara-cara dalam artikel ini hanya berguna sementara, ya. Jika mual terus Anda alami dan menimbulkan masalah kesehatan lain yang lebih parah, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

Jahe

Cara mengatasi mual saat hamil yang tidak boleh Anda lewatkan adalah dengan mengonsumsi jahe. Anda hanya perlu merebus jenis rempah itu selama beberapa saat. Dinginkan dulu sebentar, lalu minum air rebusan jahe secara rutin.

Baca Juga: Kaya manfaat, Ini takaran yang aman konsumsi kunyit untuk kesehatan

Lemon

Cara mengatasi mual saat hamil bisa dengan lemon.

Mengutip E Times (timesofindia.indiatimes.com), lemon bisa Anda manfaatkan untuk meredakan rasa mual selama hamil, lo. Ada beberapa cara yang bisa Anda coba. Mulai dari mencium aroma lemon secara langsung atau mengonsumsi lemon yang dicampur dalam segelas air.

Teh Herbal

Mual selama hamil juga bisa Anda redakan dengan mengonsumsi teh herbal. Mulai dari teh kamomil, teh peppermint, dan lain-lain. Namun, jika Anda rentan mengalami heartburn atau muncul sensasi terbakar di saluran pencernaan, sebaiknya hindari teh peppermint.

Pisang

Makan pisang bisa jadi cara mengatasi mual saat hamil.

Apabila Anda sering mual selama hamil, cobalah untuk mengonsumsi pisang secara rutin. Tidak hanya efektif mengurangi frekuensi mual dan muntah, jenis buah itu juga dipenuhi dengan kalium serta jenis nutrisi lain yang penting untuk kesehatan tubuh Anda.

Baca Juga: Catat! Ini 7 penjyebab sakit tenggorokan saat malam hari

Vitamin B6

Memanfaatkan vitamin B6 bisa jadi salah satu cara mengatasi mual saat hamil. Jenis vitamin itu bisa Anda dapat di hati ayam, daging ayam, atau daging ikan. Selain itu, mengonsumsi suplemen vitamin B6 juga bisa Anda coba. Namun, pastikan untuk berkonsultasi dulu dengan dokter, ya.

Hindari Makanan Tertentu

E Times menyebutkan, menghindari beberapa jenis makanan bisa mengurangi mual. Beberapa jenis makanan yang dimaksud adalah makanan berlemak, gorengan, dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk tidak makan berat sekaligus, ya. Anda bisa membagi makan berat dalam porsi-porsi kecil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru