Tips paling aman pergi nge-gym saat pandemi corona

Minggu, 19 Juli 2020 | 08:36 WIB   Reporter: Belladina Biananda
Tips paling aman pergi nge-gym saat pandemi corona

ILUSTRASI. Adaptasi baru saat pandemi corona juga berlaku bagi Anda yang ingin pergi ke tempat gym. REUTERS/Hamad I Mohammed

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pandemi corona menyebabkan banyak adaptasi baru. Salah satunya adalah kebiasaan Anda mengunjungi pusat kebugaran atau tempat gym. Anda harus tetap menerapkan protokol kesehatan corona.

Pada Diskusi Gugus Tugas Nasional di Graha BNPB Jakarta (18/7), dr. Anita Suryani, dokter spesialis olahraga, mengatakan bahwa sebenarnya tempat gym merupakan salah satu tempat beresiko untuk penularan virus corona. Kegiatan olahraga juga termasuk dalam AGP atau aerosol genearating procedure, yang mana aktivitas tersebut bisa menghasilkan aerosol.

Baca Juga: Ini kegiatan yang berisiko untuk dilakukan di tengah pandemi Covid-19

Namun, pergi ke gym saat corona tetap bisa dilakukan. Selain disiplin menerapkan protokol kesehatan, seperti rajin mencuci tangan dan menjaga jarak dengan orang lain, dr. Anita juga memberikan tips yang perlu diikuti.

Bawa semua peralatan sendiri yang dibutuhkan saat ke gym. Misalnya, handuk, botol minum, baju, dan lain sebagainya.

Untuk peralatan gym, sebaiknya dibersihkan dulu dengan disinfektakan. Usahakan untuk tidak menyentuh area wajah selama berolahraga di gym. Dr. Anita mengatakan bahwa penggunaan masker saat olahraga memang mengganggu metabolisme tubuh, tapi hal itu tidak menjadi masalah ketika intensitas olahraga yang dilakukan ringan.

Periksa Kesiapan Tempat Gym yang Beroperasi Ketika Pandemi Corona

Sebelum berangkat ke gym saat pandemi corona, ada baiknya bagi Anda untuk memeriksa bagaimana kesiapan tempat gym langganan Anda. Dilansir dari mayoclinic.com, ada beberapa hal yang perlu Anda tanyakan kepada pihak gym.

Baca Juga: Perhatikan 5 hal ini agar tubuh tetap sehat di tengah wabah covid-19

Anda harus bertanya terlebih dahulu batasan orang yang datang dalam satu waktu. Bila memungkinkan, berikan waktu kedatangan Anda ke tempat gym.

Lalu tanyakan bagaimana kebijakan protokol kesehatan yang diterapkan. Tempat gym yang beroperasi saat pandemi corona diharap bisa mengaplikasikan disinfektan secara rutin untuk meminimalisasi sebaran virus corona.

Tak hanya mengajukan pertanyaan pada pihak gym, Anda juga harus menanyakan kesiapan diri Anda sendiri. Jika tubuh Anda terasa tidak fit atau sehat, lebih baik urungkan niat Anda untuk pergi ke tempat gym saat corona. Anda bisa menggantinya dengan olahraga sendiri di rumah. Tanyakan pada tempat gym apakah menyediakan kelas virtual yang bisa Anda ikuti secara online.

Editor: Belladina Biananda


Terbaru