Tips Menurunkan Gula Darah, Coba 5 Bahan Alami Ini, Manjur!

Jumat, 25 Februari 2022 | 09:57 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Tips Menurunkan Gula Darah, Coba 5 Bahan Alami Ini, Manjur!

ILUSTRASI. Ilustrasi gula darah tinggi.


KONTAN.CO.ID - Kadar gula darah tinggi merupakan kondisi serius yang harus diperhatikan atau yang sering disebut diabetes. Cara menurunkan gula darah tinggi salah satunya dengan menjaga asupan makanan dengan bahan-bahan alami yang baik untuk kesehatan. 

Jika tidak segera ditangani, gula darah tinggi bisa menimbulkan berbagai penyakit serius lain bahkan bisa sampai koma. Oleh karena itu penting untuk sesegera mungkin menurun gula darah ke batas normal. 

Salah satu penyebab gula darah tinggi adalah adanya gangguan hormon insulin dan gaya hidup yang tidak sehat. 

Baca Juga: 4 Cara Merawat Kesehatan Mental Saat Menjalin Hubungan dengan Pasangan

Melansir dari Trend Pickle, tips menurunkan gula darah adalah dengan mengkonsumsi bahan-bahan alami yang baik untuk kesehatan. Bahan alami tersebut di antaranya: 

1. Air Putih

Memperbanyak konsumsi air putih adalah salah satu cara menurunkan gula darah secara alami. Pasalnya, air putih mampu membantu kinerja ginjal menjadi lebih baik sekaligus baik bagi kesehatan tubuh. 

2. Jambu Biji 

Selanjutnya Anda bisa mengkonsumsi jambu biji untuk menurunkan kadar gula darah. Hal tersebut dikarenakan jambu biji mengandung banyak nutrisi baik untuk tubuh. 

Kandungan tersebut di antaranya vitamin C, kalium, likopen dan banyak serat yang mampu mengontrol kadar gula darah. 

3. Kayu Manis

Selain jambu biji, kaya manis juga bisa menjadi opsi untuk menurunkan kadar gula darah tinggi. Kayu manis memiliki kandungan yang baik sekaligus mampu menjaga sistem pencernaan dan meningkatkan imunitas tubuh.

Baca Juga: 5 Manfaat Air Kelapa bagi Kesehatan, Bisa Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

4. Pare 

Pare atau paria dipercaya juga dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Selain itu pare juga mampu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah tinggi. 

Anda bisa mengkonsumsi langsung pare atau mengolahnya menjadi sajian makanan lain. Umumnya selain dikonsumsi langsung untuk menurunkan gula darah, pare juga dibuat menjadi jus untuk dikonsumsi.

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru