4 Cara Merawat Kesehatan Mental Saat Menjalin Hubungan dengan Pasangan

Jumat, 25 Februari 2022 | 06:40 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
4 Cara Merawat Kesehatan Mental Saat Menjalin Hubungan dengan Pasangan

ILUSTRASI. Ilustrasi cara merawat kesehatan mental.


KONTAN.CO.ID - Merawat kesehatan mental salah satu hal yang harus diperhatikan. Khususnya saat menjalin hubungan dengan pasangan baik status pacaran atau pernikahan tidak selamanya mulus. 

Saat ada masalah dalam sebuah hubungan, kesehatan mental harus tetap dijaga. Jika dibiarkan hal tersebut bisa berdampak buruk bagi kesehatan dan hubungan tersebut. 

Kesehatan mental dan fisik merupakan satu kesatuan yang tidak boleh dikesampingkan. Kebanyakan orang banyak mengalami stres berat serta hubungannya harus kandas akibat tidak merawat kesehatan mental dengan baik. 

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Insomnia, Efektif Bisa Membuat Anda Cepat Mengantuk

Melansir dari Trend Pickle, ada beberapa cara merawat kesehatan mental secara seimbang saat menjalin hubungan dengan pasangan. Di antaranya: 

1. Jangan Menyalahkan Diri Sendiri

Cara merawat kesehatan mental dalam sebuah hubungan adalah jangan selalu menyalahkan diri sendiri. Dalam hal ini penting untuk saling memaafkan tanpa harus menyalahkan.

Kesehatan mental ditentukan oleh Anda dan pasangan. Jika ada perbedaan pendapat carilah solusi untuk mencari jalan keluar bersama serta hargai setiap keputusan yang diambil. 

2. Tentukan Komitmen

Menentukan komitmen juga merupakan salah satu hal yang penting untuk merawat kesehatan mental dalam sebuah hubungan. Carilah pasangan yang bisa menerima kekurangan, kelebihan, kemauan seperti apa hubungan akan dijalin. 

Pasalnya kecocokan pasangan, cara berkomunikasi merupakan hal yang bisa membantu merawat kesehatan mental saat menjalin hubungan.

3. Jangan Lupa Menyenangkan Diri Sendiri

Menjalin sebuah hubungan memang menyenangkan, namun pastikan jangan sampai Anda melupakan kehidupan di luar sana. Sesekali, Anda perlu melakukan hobi, nongkrong bersama teman, keluarga agar kesehatan mental Anda tetap terjaga.

Baca Juga: 5 Manfaat Air Kelapa bagi Kesehatan, Bisa Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

4. Temui Terapis atau Konselor

Jika Anda mengalami masalah cukup serius dalam sebuah hubungan, jangan sungkan untuk menemui terapis atau konselor. Pasalnya, hal tersebut merupakan salah satu cara efektif merawat kesehatan mental Anda sendiri. 

Selain itu, jika kondisi mental Anda sudah membaik, kemungkinan masalah dalam hubungan bisa diselesaikan dengan pikiran yang jernih.

Demikian beberapa cara merawat kesehatan mental saat menjalin hubungan. Semoga bermanfaat dan jangan sungkan untuk berkomunikasi tentang kesehatan mental Anda dengan ahlinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru