Tinggal Pilih, 10 Obat Sakit Gigi Bahan Alami & Obat Apotek Untuk Anak & Dewasa

Jumat, 18 November 2022 | 04:55 WIB Sumber: Kompas.com
Tinggal Pilih, 10 Obat Sakit Gigi Bahan Alami & Obat Apotek Untuk Anak & Dewasa


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Obat sakit gigi untuk anak-anak dan orang dewasa bisa diperoleh di apotek. Selain itu, sejumlah bahan alami bisa menjadi obat sakit.

Obat sakit gigi dari bahan alami bisa menjadi solusi alternatif yang ampuh. Selain itu, obat sakit gigi dari bahan alami juga bisa bermanfaat dalam kondisi darurat saat tidak bisa ke dokter.

Pasalnya, bahan alami untuk obat sakit gigi ini mudah didapatkan. Sejumlah bahan dan bumbu makanan di dapur bisa menjadi obat alami sakit gigi. 

Apa saja obat sakit gigi alami yang ampuh untuk anak-anak dan dewasa?

Dirangkum dari pemberitaan Kompas.com, obat alami untuk mengobati sakit gigi yang bisa Anda coba di rumah antara lain:

Baca Juga: 5 Obat Sakit Kepala Alami yang Ampuh dan Aman Untuk Dikonsumsi

1. Cengkeh

Obat alami sakit gigi yang pertama adalah cengkeh. Mengutip Everyday Health, cengkeh memiliki sifat penghilang rasa sakit dan antibakteri alami. Herbal ini sering menjadi bahan dalam pengobatan tradisional China dan India, di mana telah digunakan selama berabad-abad untuk segala macam sakit dan nyeri.

Jika Anda menderita sakit gigi, Anda dapat menggunakan cengkih kering sebagai obat alami yang efektif. Cengkeh kering bisa Anda tempatkan di antara gigi yang sakit dan pipi.

Alternatifnya, Anda bisa mencelupkan kapas ke dalam campuran beberapa tetes minyak cengkeh dan sedikit minyak zaitun. Kemudian, posisikan kapas yang sudah berminyak itu ke gigi yang sakit. Namun, campuran minyak cengkeh ini memiliki rasa yang tidak enak.

Disarankan untuk Anda berkonsultasi dengan dokter gigi Anda dahulu sebelum melakukannya. Penggunaan minyak cengkeh tidak cocok untuk ibu hamil.

2. Bawang putih

Obat alami sakit gigi yang kedua adalah bawang putih. Mengutip Healthline, bawang putih selama ribuan tahun telah digunakan untuk pengobatan. Bumbu dapur ini memiliki sifat antibakteri. Tidak hanya dapat membunuh bakteri berbahaya penyebab plak gigi, tetapi juga dapat berfungsi sebagai pereda nyeri.

Untuk menggunakan bawang putih pada sakit gigi, Anda bisa menghancurkan siung bawang putih untuk membuat pasta dan mengoleskan ke area yang sakit. Alternatifnya, Anda bisa mengunyah satu siung bawang putih segar secara perlahan sebagai obat alami sakit gigi.

Namun Anda perlu hati-hati menggunakan bawang putih untuk mengobati sakit gigi. Mengutip Verywell Health, dalam laporan kasus yang diterbitkan di Primary Dental Journal, penggunaan bawang putih mentah yang dioleskan ke kulit untuk sakit gigi mengakibatkan luka bakar kimiawi yang signifikan di wajah.

Siung bawang putih mentah yang dihancurkan dibiarkan di mulut semalaman mengakibatkan luka bakar bawang putih (pengelupasan kulit dan bisul), menurut laporan kasus lain.

3. Cuka sari apel

Obat alami sakit gigi yang ketiga adalah cuka sari apel. Mengutip Verywell Health, cuka sari apel memiliki sifat antiseptik dan antiradang. Itu yang membuat bahan dapur ini cocok untuk digunakan sebagai obat alami sakit gigi.

Cuka sari apel dapat membunuh bakteri penyebab sakit gigi dan meredakan nyeri. Caranya, cukup celupkan bola kapas ke dalam cuka dan oleskan ke area gigi yang sakit.

4. Soda kue

Obat alami sakit gigi yang keempat adalah soda kue. Mengutip Verywell Health, soda kue memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat meredakan nyeri dan bengkak. Selain itu, soda kue memiliki sifat anti-bakteri yang dapat membersihkan area yang terinfeksi.

Anda cukup campurkan 2 sendok teh soda kue dengan air hangat. Lalu, kumurlah dengan campuran itu di sekitar area gigi yang sakit selama sekitar 30 detik. Kemudian, muntahkan.

5. Kayu manis

Obat alami sakit gigi yang kelima adalah kayu manis. Mengutip Verywell Health, kayu manis memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi. Anda dapat memanfaatkan kayu manis sebagai obat alami sakit gigi dengan beberapa cara.

Anda bisa mencobanya dengan mengunyah atau mengisap batang kayu manis. Selain itu, Anda bisa membuat pasta dengan mencampurkan 1 sendok teh bubuk kayu manis dengan 5 sendok teh madu dan mengoleskannya ke bagian gigi yang sakit.

6. Minyak kelapa

Obat alami sakit gigi yang keenam adalah minyak kelapa. Mengutip Verywell Health, minyak kelapa dapat menjadi obat alami untuk membantu menghilangkan rasa sakit gigi karena memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi.

Cobalah berkumur dengan 1 sendok makan minyak kelapa di sekitar gigi yang sakit selama sekitar 30 detik, lalu muntahkan.

7. Cabe rawit

Obat alami sakit gigi yang ketujuh adalah cabe rawit. Mengutip Verywell Health, cabai rawit adalah sumber capsaicin yang bagus untuk meredakan nyeri saraf, seperti sakit gigi.

Senyawa ini bisa menghalangi sensasi rasa sakit dari perjalanan antara otak dan saraf dalam gigi Anda. Untuk mengguanakn cabe rawit sebagai obat alami sakit gigi, Anda perlu mencampurkan 2 sendok makan bubuk cabai rawit dengan 1/2 cangkir minyak kelapa. Lalu, berkumur-kumurlah dengan campuran itu di sekitar gigi yang sakit, kemudian ludahkan.

8. Daun jambu biji

Obat alami sakit gigi yang kedelapan adalah daun jambu biji. Mengutip Healthline, daun jambu biji memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu menyembuhkan luka. Herbal ini juga punya aktivitas antimikroba yang dapat membantu perawatan mulut.

Untuk menggunakan obat alami sakit gigi ini, Anda bisa mengunyah daun jambu biji segar atau tambahkan daun jambu biji yang dihancurkan ke dalam air mendidih untuk membuat obat kumur.

9. Ekstrak vanila

Obat alami sakit gigi yang kesembilan adalah ekstrak vanila. Mengutip Healthline, ekstrak vanila mengandung alkohol, yang dapat membantu menghilangkan rasa sakit. Ekstrak ini memiliki sifat antioksidan yang terbukti bisa menjadi obat penyembuh yang efektif.

Penting diketahui bahwa yang bermanfaat sebagai obat alami untuk mengobati sakit gigi adalah vanilla asli, bukan vanilla imitasi. Untuk menggunakan obat alami sakit gigi, oleskan sedikit ekstrak vanila ke jari atau bola kapas. Lalu, tempelkan ke bagian gigi yang sakit beberapa kali setiap hari.

10. Kantong teh peppermint

Obat alami sakit gigi yang ke-10 adalah kantong teh peppermint. Mengutip Healthline, kantong teh peppermint dapat digunakan untuk menghilangkan rasa sakit gigi dan menenangkan gusi yang sensitif.

Biarkan kantong teh bekas menjadi sedikit dingin sebelum Anda tempelkan ke area gigi yang sakit. Anda juga dapat menggunakan metode ini untuk mendinginkan area sakit gigi tersebut. Untuk melakukan ini, masukkan kantong teh bekas ke dalam freezer selama beberapa menit untuk mendinginkannya, lalu tempelkan kantong tersebut ke gigi yang sakit.

Obat sakit gigi di apotek

Untuk meredakan sakit gigi sementara sebelum pergi ke dokter gigi, Anda bisa meminum obat pereda nyeri yang bisa Anda beli di apotek. Ada banyak pilihan obat sakit gigi berlubang paling ampuh di apotek.

Banyak di antaranya obat sakit gigi berlubang bahkan bisa dibeli tanpa resep. Berikut daftar obat sakit gigi berlubang yang bisa Anda coba:

1. Ibuprofen

Ibuprofen adalah obat sakit gigi berlubang yang bisa Anda beli di apotek tanpa resep. Obat ini terkenal ampuh dan tersedia dalam berbagai sediaan, seperti tablet, kapsul, dan suspensi. Ibuprofen adalah obat tahan sakit yang termasuk ke dalam golongan obat anti-inflamasi non-steroidal. Dosis ibuprofen untuk orang dewasa adalah 200 miligram 3 sampai 4 kali sehari setelah makan. Namun, hindari obat ini jika Anda memiliki riwayat penyakit jantung, hipertensi, atau sedang hamil.

Baca Juga: Tanpa Obat, Inilah Tanaman Herbal untuk Mengatasi Perut Kembung

2. Parasetamol

Parasetamol atau acetaminophen juga bisa menjadi pilihan obat sakit gigi berlubang. Obat ini relatif aman bagi semua kalangan, dan tidak terlalu tajam ke lambung. Dosis parasetamol bagi orang dewasa adalah 500 miligram setiap 6 jam sekali sehabis makan.

3. Asam menefamat

Asam mefenamat adalah obat sakit gigi berlubang yang ampuh. Anda bisa mengonsumsi obat ini dengan dosis dewasa 500 miligram 3 kali sehari setelah makan. Hindari mengonsumsi obat ini jika Anda memiliki gangguan ginjal dan hati atau memiliki riwayat sakit lambung dan saluran pencernaan.

4. Natrium diklofenak

Natrium diklofenak menjadi pilihan yang bagus jika sakit gigi berlubang Anda menyebabkan rasa berdenyut. Natrium diklofenak memiliki efek anti-inflamasi yang kuat dan bisa meredakan sakit gigi berdenyut. Konsumsi obat ini dengan dosis dewasa 50 miligram 2 kali sehari setelah masak.

Itulah pilihan obat sakit gigi alami dan obat dari apotek. Ingat, obat-obat untuk sakit gigi berlubang itu ini hanya menghilangkan rasa sakit sementara. Untuk mencegah sakit gigi berulang setelahnya, segera kunjungi dokter gigi untuk mengatasi penyebab sakit gigi yang Anda alami.

(Shintaloka Pradita Sicca & Nadia Faradiba)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "10 Obat Alami untuk Mengobati Sakit Gigi yang Bisa Dijajal di Rumah", dan "Obat Sakit Gigi Berlubang Paling Ampuh di Apotek",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru