Tanpa Obat, Inilah Tanaman Herbal untuk Mengatasi Perut Kembung

Rabu, 13 April 2022 | 03:50 WIB Sumber: Kompas.com
Tanpa Obat, Inilah Tanaman Herbal untuk Mengatasi Perut Kembung


KONTAN.CO.ID - Jakarta. Ada banyak obat di apotik untuk mengobati perut kembung. Jika tak ingin konsumsi obat dengan bahan kimia, sejumlah tanaman herbal juga bisa menjadi obat untuk mengatasi perut kembung.

Secara tradisional, dipercaya beberapa herbal dapat diminum untuk pengobatan alami perut kembung. Lalu, apa saja tanaman herbal yang bisa menjadi obat untuk mengatasi perut kembung?

Mengutip NHS, perut kembung adalah kondisi perut yang terasa penuh dan tidak nyaman. Gejalanya, meliputi:

  • Perut terasa penuh atau lebih besar dari biasanya
  • Anda memiliki sakit perut atau ketidaknyamanan
  • Perut keroncongan atau bersuara Kentut lebih dari biasanya.

Biasanya penyebab perut kembang adalah:

  • Sembelit
  • Salah makan
  • Penyakit seliak
  • Sindrom iritasi usus besar (IBS)

Perut kembung sangat umum dan ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meredakannya. Mengutip Healthline, sejumlah studi awal telah menunjukkan bahwa beberapa teh herbal dapat membantu menenangkan kondisi tidak nyaman sebagai tanda perut kembung.

Baca Juga: Bukannya Menurunkan, Puasa Ramadan Malah Menaikkan Berat Badan, Ini Penyebabnya

Berikut macam tanaman herbal yang dapat berkhasiat sebagai obat untuk mengatasi perut kembung:

1. Peppermint

Tanaman herbal pertama yang dapat berkhasiat sebagai obat untuk mengatasi perut kembung adalah daun peppermint. Mengutip Healthline, peppermint (Mentha piperita) dalam pengobatan tradisional dikenal luas untuk membantu menenangkan masalah pencernaan karena memiliki rasa yang sejuk dan menyegarkan.

Uji tabung dan penelitian pada hewan menunjukkan bahwa senyawa tanaman yang disebut flavonoid yang ditemukan dalam peppermint dapat menghambat aktivitas sel mast. Sel mast adalah sel dari bagian sistem kekebalan yang berlimpah di usus dan terkadang berperan dalam kondisi perut kembung.

Penelitian pada hewan juga menunjukkan bahwa peppermint melemaskan usus, yang dapat meredakan kejang usus, kembung, dan rasa sakit perut. Satu penelitian menemukan bahwa 1 kantong teh memberikan minyak peppermint 6 kali lebih banyak dari pada 1 porsi kapsul daun peppermint. Oleh karena itu, teh peppermint mungkin cukup manjur.

2. Lemon balm

Tanaman herbal kedua yang dapat berkhasiat sebagai obat untuk mengatasi perut kembung adalah lemon balm. Mengutip Healthline, lemon balm adalah tanaman yang memiliki aroma dan rasa lemon, tetapi bentuk daunnya mirip mint.

European Medicines Agency mencatat bahwa teh lemon balm berdasarkan penggunaan tradisionalnya dapat meredakan masalah pencernaan ringan, termasuk perut kembung dan gas. Namun, lemon balm atau tehnya belum diuji tentang potensi efek sampingnya pada masalah pencernaan pada manusia. Diperlukan lebih banyak penelitian.

3. Jahe

Tanaman herbal ketiga yang dapat berkhasiat sebagai obat untuk mengatasi perut kembung adalah jahe. Mengutip Healthline, teh jahe terbuat dari akar tebal tanaman Zingiber officinale dan telah digunakan sejak zaman kuno untuk mengobati penyakit yang berhubungan dengan perut.

Penelitian pada manusia menunjukkan bahwa mengonsumsi 1-1,5 gram kapsul jahe setiap hari dalam dosis terbagi dapat meredakan mual. Kemudian, suplemen jahe dapat berfungsi untuk: Mempercepat pengosongan perut Meredakan gangguan pencernaan Mengurangi kram usus, perut kembung, dan gas.

4. Adas

Tanaman herbal keempat yang dapat berkhasiat sebagai obat untuk mengatasi perut kembung adalah adas. Mengutip Healthline, Adas (Foeniculum vulgare) secara tradisional telah digunakan untuk gangguan pencernaan, termasuk:

  • Sakit perut
  • Perut kembung
  • Gas Sembelit.

Penelitian pada tikus, pengobatan dengan ekstrak adas membantu melindungi saluran pencernaan dari tukak. Mencegah bisul dapat mengurangi risiko perut kembung. Namun, penelitian pada manusia tentang teh adas diperlukan untuk memastikan manfaatnya terhadap pencernaan.

Editor: Adi Wikanto

Terbaru