Tidur yang cukup, berikut 5 cara sederhana mencegah gula darah tinggi

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 10:05 WIB Sumber: Healthline
Tidur yang cukup, berikut 5 cara sederhana mencegah gula darah tinggi

KONTAN.CO.ID - Lonjakan gula darah perlu Anda waspadai. Nah, berikut ini cara sederhana untuk mencegah lonjakan gula darah tinggi.

Dalam jangka pendek, gula darah bisa menyebabkan kelesuan dan kelaparan. Seiring waktu, tubuh Anda mungkin tidak bisa menurunkan gula darah secara efektif, yang dapat menyebabkan diabetes tipe 2.

Lonjakan gula darah juga dapat menyebabkan pembuluh darah Anda mengeras dan menyempit, yang bisa jadi penyebab serangan jantung atau stroke.

Nah, berikut tips sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mencegah lonjakan gula darah, melansir Healthline:

Baca Juga: Makanan ini bisa meningkatkan gula darah rendah dengan cepat

1. Rendah karbohidrat

Karbohidrat menyebabkan gula darah naik. Ketika Anda makan karbohidrat, mereka dipecah menjadi gula sederhana. Gula tersebut kemudian memasuki aliran darah.

Saat kadar gula darah meningkat, pankreas Anda melepaskan hormon yang disebut insulin, yang mendorong sel-sel Anda untuk menyerap gula dari darah. Hal ini menyebabkan kadar gula darah Anda turun.

Banyak penelitian menunjukkan, mengonsumsi makanan rendah karbohidrat bisa membantu mencegah lonjakan gula darah.

Diet rendah karbohidrat juga memiliki manfaat tambahan untuk membantu penurunan berat badan, yang juga dapat mengurangi lonjakan gula darah.

Ada banyak cara untuk mengurangi asupan karbohidrat Anda, termasuk menghitung karbohidrat. 

Baca Juga: Tanpa obat, ini 3 cara efektif menurunkan gula darah tinggi di pagi hari

Editor: S.S. Kurniawan
Terbaru