Tidak ingin terkena penyakit jantung? Hindari konsumsi 4 jenis minuman ini

Kamis, 23 September 2021 | 16:01 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Tidak ingin terkena penyakit jantung? Hindari konsumsi 4 jenis minuman ini

ILUSTRASI. Minum soda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Penyakit jantung, salah satu penyakit kronis yang bisa mengancam nyawa. Kenali 4 minuman yang bisa memicu munculnya penyakit jantung.  

Penyakit jantung salah satu penyakit kronis yang bisa mengancam nyawa. Maka, penting untuk setiap orang menjaga kesehatan jantung. 

Baca Juga: 24 Sayuran dan buah yang kaya akan kandungan potasium

Konsumsi makanan yang tidak sehat bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Maka, Anda pun harus selektif mengonsumsi makanan dan minuman untuk menjaga kesehatan jantung. 

Asal tahu saja, ada beberapa jenis minuman yang bisa menurunkan kesehatan jantung bahkan meningatkan risiko penyakit jantung. 

Berikut daftar minuman yang buruk untuk kesehatan jantung Anda 

1. Jus buah 

Jus buah dikenal sebagai minuman yang sehat. Kebanyakan orang merasa minum segelas jus buah bisa memberikan nutrisi, vitamin, dan mineral untuk tubuh. 

Faktanya, Anda hanya akan menambah gula yang masuk ke dalam tubuh. Asla tahu saja jus buah rendah serat, tinggi kalori, dan tinggi gula. 

Jus buah bisa membuat kadar gula darah melonjak secara tiba-tiba dan meningkatkan risiko serangan jantung pada laki-laki dan perempuan. 

2. Soda 

Soda merupakan jenis minuman yang buruk untuk kesehatan jantung. Asal tahu saja, satu botol soda mengandung lebih dari kebutuhan gula harian Anda. 

Sebuah penelitian menyatakan seseorang yang terlalu banyak minum soda 20% lebih tinggi berisiko penyakit jantung. 

3. Minuman berenergi 

Minuman berenergi mengandung kafein dan gula. Kafein dalam jumlah sedang memang baik untuk kesehatan. Namun, kandungan kafein dalam minuman berenergi cukup banyak sehingga tidak baik untuk kesehatan jantung. 

Minuman berenergi bisa meningkatkan risiko tekanan darah tinggi dan serangan jantung pada orang tua. 

4. Alkohol 

Alkohol yang dikonsumsi dalam jumlah tinggi bisa membahayakan kesehatan penderita penyakit jantung. Selain itu, konsumsi alkohol bisa meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, aritmia, dan serangan jantung 

"Minuman sehat untuk pasien jantung adalah buttermilk. Namun, harus dilihat orang tersebut menderita diabetes atau tidak dan apakah menderita tekanan darah tinggi. Minuman lainnya yang baik untuk kesehatan jantung adalah air kelapa, dan ekstrak sari buah segar yang dibuat sendiri di rumah," kata Ahli Gizi Dr Vasundhara Singh. 

Baca Juga: Ingin punya otot kuat? Lakukan 5 kebiasaan ini secara rutin

Selanjutnya: Asam lambung kumat lagi? Daun pokak bisa mengatasi asam lambung naik

 

Editor: Tri Sulistiowati
Terbaru