Reproduksi dan Seks

Tidak hanya stres, ini 4 faktor penyebab telat haid

Minggu, 13 Juni 2021 | 07:50 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Tidak hanya stres, ini 4 faktor penyebab telat haid

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Biasanya, siklus haid terjadi tiap 28 hari sekali. Namun, ada kasus di mana siklus haid terlambat. Untuk mewaspadai hal itu, Anda perlu memerhatikan faktor apa saja yang jadi penyebab telat haid. Dengan begitu, langkah perawatan selanjutnya bisa Anda tentukan dengan tepat.

Salah satu faktor yang biasanya menyebabkan siklus haid terganggu adalah stres. Medical News Today (medicalnewstoday.com) mengatakan bahwa stres juga memperparah nyeri haid yang Anda alami. Maka dari itu, penting untuk Anda mengelola stres dengan baik.

Ada banyak cara yang bisa Anda coba. Mulai dari rajin olahraga, tidur cukup, hingga konsultasi dengan dokter. Selain stres, masih banyak faktor lain yang mengganggu siklus menstruasi. Misalnya, perubahan berat badan, perimenopause, pil KB, dan lain sebagainya.

Perubahan Berat Badan

Perubahan berat badan yang terjadi secara tiba-tiba dapat mengakibatkan siklus haid terlambat. Saat berat badan turun, hormon reproduksi bisa turun hingga menstruasi tak terjadi. Hal serupa juga berlaku bagi Anda dengan berat badan yang cukup besar.

Jika Anda mengalami hal itu, ada baiknya untuk segera berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan untuk mendapat diagnosa yang tepat. Biasanya, Anda akan mendapat resep suplemen jenis vitamin tertentu untuk memenuhi kebutuhan tubuh Anda.

Baca Juga: Wajib tahu, ini cara menjaga kesehatan reproduksi bagi remaja

Perimenopause

Mengutip dari Medical News Today, menopause dialami oleh wanita yang berusia lebih dari 50 tahun dan siklus menstruasi tak terjadi selama lebih dari 12 bulan berturu-turut. Namun, ada kasus di mana kondisi itu dialami 10 hingga 15 tahun sebelum waktunya. Hal itulah yang disebut dengan perimenopause.

Perimenopause terjadi akibat jumlah hormon estrogen yang tidak stabil. Untuk memastikan kesehatan tubuh Anda aman, tak ada salahnya untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Dengan begitu, kondisi tubuh Anda menjadi lebih terpantau.

Baca Juga: Catat, ini 5 penyebab telat haid yang bisa Anda alami

Pil KB

Penyebab telat haid lainnya yang bisa Anda alami terjadi karena penggunaan pil KB. Meski tidak berbahaya, Anda direkomendasikan untuk berkonsultasi dengan dokter. Tujuannya untuk menghindari terjadinya berbagai macam efek samping yang tidak Anda inginkan.

Hamil

Salah satu penyebab telat haid adalah kehamilan.

Jika Anda mengalami telat haid, ada kemungkinan Anda sedang hamil. Segera periksakan diri ke dokter jika mengalami hal itu, ya. Dengan begitu, Anda bisa merawat tubuh dan janin dalam kandungan dengan baik.

Selanjutnya: Cek, inilah ​15 tanda-tanda hamil yang sering tidak disadari

Editor: Belladina Biananda
Terbaru