Reproduksi dan Seks

Cek, inilah ​15 tanda-tanda hamil yang sering tidak disadari

Sabtu, 10 April 2021 | 12:05 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Cek, inilah ​15 tanda-tanda hamil yang sering tidak disadari

KONTAN.CO.ID - Ada sejumlah tanda-tanda hamil yang tidak disadari oleh perempuan yang sedang mengandung. 

Hal ini wajar, sebab pada saat awal kehamilan masih belum ada perubahan signifikan di tubuh. 

Jika ada perubahan tubuh yang dialami, seringkali diasosiasikan dengan gangguan kesehatan.

Misalnya, mual dan muntah dikaitkan dengan salah makan atau masuk angin, serta kelelahan dikaitkan dengan aktivitas fisik yang padat dan berat. 

Lantas, apa saja tanda-tanda hamil yang tidak disadari?

Baca Juga: Gejala usus buntu ini sebaiknya tidak Anda abaikan

15 Tanda-tanda hamil yang tidak disadari

Dirangkum dari Today's Parent, berikut 15 tanda-tanda hamil yang tidak disadari:

1. Payudara bengkak dan lunak

Payudara bengkak adalah salah satu tanda kehamilan yang paling umum. Pada awal kehamilan, payudara akan membesar dan berubah bentuk untuk bersiap memproduksi ASI.

Akibatnya, payudara bisa menjadi sangat lunak dan sensitif selama kehamilan. Meski demikian, tidak semua perempuan mengalami hal ini terutama jika mereka menggunakan pil KB. 

2. Areola menjadi gelap

Tanda-tanda hamil berikutnya adalah areola atau lingkaran di sekitar puting menjadi melebar dan menggelap. Hal ini disebabkan oleh hormon kehamilan dan persiapan tubuh untuk menyusui. 

Baca Juga: Inilah 4 cara mengatasi insomnia yang bisa Anda coba

3. Muncul bercak dan flek

Dalam waktu 5-10 hari setelah pembuahan, sebagian besar perempuan akan mengalami flek ringan saat embrio ditanamkan di rahim. 

Namun, tidak banyak perempuan menyadari hal ini dan justru mengira bahwa flek atau bercak tersebut adalah tanda awal menstruasi. 

4. Frekuensi kencing meningkat atau mengalami sembelit

Saat seseorang hamil, rahim yang membesar akan menekan kandung kemih dan menyebabkan lebih sering buang air kecil. Selain itu, ada tekanan di usus juga dapat menyebabkan sembelit. 

Kemudian, semakin besar bayi tumbuh maka rahim juga akan semakin menekan kandung kemih dan organ lainnya. 

5. Kelelahan

Tanda-tanda hamil yang tidak disadari adalah kelelahan. Kelelahan terjadi karena butuh banyak energi untuk menunjang tumbuh kembang bayi di dalam kandungan. 

Baca Juga: 7 Manfaat secang untuk kesehatan: meredakan asam urat sampai diabetes

6. Mual

Mual adalah salah satu tanda-tanda hamil yang paling umum. Hal ini disebabkan oleh peningkatan kadar hormon kehamilan atau human Chorionic Gonadotropin (hCG). Bagi sebagian besar ibu hamil, rasa mual dirasakan di pagi hari, namun sebagian lainnya merasa mual sepanjang hari.

7. Sensitivitas penciuman

Banyak wanita memiliki indra penciuman yang tinggi selama kehamilan. Beberapa peneliti berpendapat bahwa hal itu kemungkinan untuk melindungi ibu hamil dari makan makanan tercemar, sehingga melindungi bayi dari racun berbahaya. 

8. Peningkatan suhu tubuh di pagi hari

Pada perempuan hamil juga akan mengalami kenaikan suhu tubuh di pagi hari selama kurang lebih dua minggu yang mengindikasikan ovulasi. 

9. Telat haid 

Tanda-tanda hamil yang paling jelas adalah terlambat menstruasi. Namun, terlambat menstruasi memang bukan selalu berarti hamil. Bisa juga disebabkan oleh stres, diet, atau memang jadwal menstruasi yang tidak teratur

Baca Juga: 11 Manfaat jahe untuk kesehatan yang sudah dibuktikan

Editor: Virdita Ratriani
Terbaru