kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inilah 4 cara mengatasi insomnia yang bisa Anda coba


Senin, 05 April 2021 / 08:15 WIB
Inilah 4 cara mengatasi insomnia yang bisa Anda coba
ILUSTRASI. Cara mengatasi insomnia perlu Anda lakukan supaya kondisi tubuh tak semakin parah.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Apa itu insomnia? Insomnia adalah penyakit susah tidur yang sering dialami oleh banyak orang. Ada banyak penyebab insomnia yang bisa Anda alami. Nah, supaya kondisi Anda tak semakin parah, ada banyak cara mengatasi insomnia yang perlu Anda coba.

Anda perlu berhati-hati jika gejala insomnia berlangsung selama lebih dari beberapa minggu. Apalagi jika dibarengi dengan tanda lain yang lebih parah. Bisa saja kondisi yang sedang Anda alami menandakan ada masalah lain yang lebih serius. Misalnya, penyakit jantung, asma, penyakit ginjal, dan lain sebagainya.

Mengutip dari Healthline (healthline.com), insomnia yang tidak diatasi dengan benar meningkatkan risiko penyakit tertentu. Mulai dari depresi, tekanan darah tinggi, gagal jantung, dan lain-lain. Maka dari itu, cobalah beberapa cara berikut agar insomnia tak semakin parah.

Yoga

Yoga adalah salah satu jenis olahraga relaksasi yang berguna untuk mengatasi insomnia. Tak hanya mengatasi masalah susah tidur itu, yoga juga mampu mengurangi stres dan meningkatkan fokus serta kemampuan fisik.

Cobalah untuk melakukan yoga selama 20 menit setiap sebelum tidur. Anda bebas memilih gerakan yoga mana pun yang nyaman untuk dilakukan. Namun, pastikan untuk tidak melakukan yoga yang membuat tubuh Anda kesakitan, ya. Hal itu justru bisa membuat Anda cedera.

Baca Juga: Waspada! Ini 8 tanda peringatan tumor otak yang perlu Anda waspadai

Magnesium

Cara mengatasi insomnia selanjutnya adalah dengan mengonsumsi magnesium. Jenis mineral itu mampu mengurangi stres dan membuat otot rileks sehingga Anda bisa lebih mudah untuk tidur. Meski demikian, mengonsumsi magnesium dapat menimbulkan efek samping.

Jadi, cobalah untuk mulai mengonsumsi magnesium dalam jumlah sedikit. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi magnesium bersama dengan makanan bergizi lain agar efek samping tak semakin terasa. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter.

Olahraga

Healthline merekomendasikan olahraga sebagai cara mengatasi susah tidur selanjutnya yang patut Anda coba. Selain mengatasi insomnia, masih banyak manfaat lain yang bisa Anda dapat dari melakukan olahraga secara rutin.

Mulai dari meningkatkan mood atau perasaan, menambah energi, menurunkan berat badan, dan meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan. Sama seperti yoga, usahakan untuk olahraga minimal 20 menit setiap hari supaya manfaat-manfaat itu bisa Anda dapat.

Baca Juga: Jangan salah, inilah posisi tidur yang baik untuk ibu hamil

Minyak Lavender

Minyak lavender bisa Anda gunakan sebagai cara mengatasi insomnia.

Minyak lavender termasuk obat insomnia berikutnya yang bisa Anda gunakan. Menurut sebuah penelitian, jenis minyak itu bisa mengurangi tingkat kecemasan sehingga cocok digunakan sebagai cara mengatasi insomnia. Selain minyak, mengonsumsi teh lavender juga memberikan efek yang sama.

Selanjutnya: Mudah dicoba, inilah 6 cara menghilangkan stres Anda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×