Kesehatan Umum

Catat, ini 5 penyebab telat haid yang bisa Anda alami

Rabu, 31 Maret 2021 | 12:42 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Catat, ini 5 penyebab telat haid yang bisa Anda alami

ILUSTRASI. Ada beberapa penyebab telat haid yang perlu Anda ketahui. Tribun Jateng/Hermawan Handaka

KONTAN.CO.ID - Biasanya, jadwal haid yang terlambat dihubungkan dengan tanda kehamilan. Namun, tahukah Anda bahwa ada penyebab telat haid lain yang bisa Anda alami?

Telat haid juga bisa disebabkan karena pola hidup atau kondisi kesehatan Anda yang terganggu. Anda perlu memerhatikan keterlambatan siklus haid Anda.

Segera periksakan diri ke dokter jika hal itu sering terjadi. Apalagi, jika dibarengi dengan gejala lain yang lebih parah, misalnya, sakit perut. Nantinya, dokter akan melakukan pemeriksaan.

Setelah itu, Anda akan mendapat perawatan sesuai dengan kondisi dan faktor apa yang menyebabkan telat haid terjadi. Usahakan untuk tidak menunda jadwal pemeriksaan, ya.

Dengan begitu, kondisi kesehatan Anda tetap terjaga dan tidak semakin parah.

Stres

Melansir vitalrecord.tamhsc.edu, stres dapat menyebabkan haid terlambat datang. Stres berlebih dapat menstimulus hormon kortisol yang berpengaruh pada siklus haid Anda. Maka dari itu, cobalah untuk mengelola stres dengan baik.

Ada banyak cara yang bisa Anda coba supaya stres tidak terlalu parah. Misalnya, lakukan kegiatan-kegiatan relaksasi, seperti yoga atau meditasi. Melakukan hobi atau hal menyenangkan lainnya juga bisa dijadikan salah satu cara melepas stres.

Baca Juga: 4 Rekomendasi obat telat datang bulan, bisa dari bahan alami

Berat badan berubah

Berat badan yang berubah jadi salah satu penyebab telat haid yang bisa terjadi. Selain berat badan yang turun atau bertambah, gangguan makan juga mampu mengakibatkan keterlambatan siklus haid. Misalnya, bulimia atau anoreksia.

Perubahan waktu tidur

Tidak hanya berat badan, perubahan pada jadwal tidur juga termasuk salah satu penyebab telat haid. Saat jadwal tidur berubah, ritme sirkadian atau jam biologis tubuh pun mengalami perubahan. Kondisi itulah yang berpengaruh pada siklus menstruasi Anda.

Baca Juga: Perlu Anda waspadai, 4 penyebab haid lama ini

Menyusui

Menyusui jadi salah satu penyebab telat haid.

Vitalrecord.tamhsc.edu mengatakan, telat haid juga bisa terjadi saat Anda masih dalam masa menyusui. Namun, Anda tidak perlu khawatir jika mengalami hal tersebut. Telat haid karena Anda masih menyusui bisa hilang setelah beberapa bulan.

Olahraga ekstrem

Supaya haid tetap lancar, hindari melakukan olahraga yang terlalu ekstrem, ya. Olahraga berat dapat membuat jumlah hormon estrogen turun sehingga siklus haid terganggu. Supaya hal itu tidak terjadi, cobalah untuk mengatur intensitas dan frekuensi olahraga yang Anda jalani.

Selanjutnya: 4 Arti warna darah haid yang Anda keluarkan, bisa jadi tanda kesehatan

Editor: Belladina Biananda
Terbaru