Tips Sehat

Terbuat dari bahan-bahan alami, berikut 4 cara mengobati mata bengkak

Senin, 03 Mei 2021 | 19:20 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Terbuat dari bahan-bahan alami, berikut 4 cara mengobati mata bengkak

KONTAN.CO.ID - Meski tidak berbahaya, mata bengkak bisa mengganggu penampilan Anda. Ada banyak cara mengobati mata bengkak yang bisa Anda lakukan.

Mulai dari mengubah kebiasaan sehari-hari hingga memanfaatkan bahan alami.

Mengutip dari Hello Glow, cobalah untuk menghentikan kebiasaan merokok. Asap rokok mengandung berbagai macam zat yang dapat memecah kolagen sehingga kulit mengendur.

Selain itu, cobalah untuk memiliki waktu tidur yang cukup. Cobalah untuk mengatur suasana tidur supaya waktu istirahat Anda di malam hari menjadi berkualitas.

Tidak berhenti sampai di situ, kemunculan mata bengkak juga bisa berkurang jika Anda menggunakan beberapa bahan berikut:

Teh hijau

Bahan alami pertama yang bisa Anda manfaatkan sebagai cara mengobati mata bengkak adalah teh hijau. Kafein yang terkandung dalam jenis teh itu mampu mengencangkan kulit dan mencegah penumpukan lemak di bawah mata.

Tak hanya itu, kandungan dalam teh hijau juga bisa memperlancar aliran darah dan mencegah kemunculan tanda-tanda penuaan. Untuk mendapat manfaat itu, Anda hanya perlu menempatkan kantung teh yang sudah dihangatkan di atas mata selama minimal 15 menit.

Baca Juga: 4 Cara menghilangkan kantung mata dengan bahan alami

Timun

Mentimun dingin bisa dimanfaatkan sebagai cara mengobati mata bengkak.

Hello Glow merekomendasikan timun untuk mengurangi mata bengkak. Vitamin C, antioksidan, dan senyawa lain yang terkandung dalam timun baik untuk kulit. Anda hanya perlu menempatkan satu iris timun dingin di atas mata selama minimal 15 menit.

Putih telur

Putih telur juga bisa dimanfaatkan sebagai cara mengobati mata bengkak, lo. Sama seperti teh hijau, putih telur mampu melancarkan aliran darah sehingga pembengkakan bisa berkurang.

Cara yang perlu Anda lakukan pun mudah. Pertama-tama, campur satu putih telur dengan 1 sdm air mawar dan timun secukupnya.

Aduk rata hingga berbentuk pasta lalu aplikasikan di area kulit bawah mata. Diamkan selama beberapa menit lalu bilas dengan air.

Baca Juga: Cocok jadi obat jerawat, inilah manfaat lidah buaya untuk wajah

Lidah buaya

Lidah buaya adalah bahan alami lain yang bisa digunakan untuk mengurangi kemunculan mata bengkak.

Ada banyak nutrisi penting yang terkandung dalam lidah buaya yang baik untuk kesehatan kulit. Mulai dari antibakteri, antioksidan, antijamur, antivirus, dan lain sebagainya.

Bukan cima mengurangi mata bengkak, lidah buaya juga bisa menyamarkan kerutan halus. Maka dari itu, cobalah untuk memakai lidah buaya secara rutin.

Selanjutnya: 4 Cara menghilangkan mata panda, efektif dan mudah dicoba

Editor: Belladina Biananda
Terbaru