kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,54   -19,95   -2.16%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tengok Daftar Makanan yang Mengandung Karbohidrat Tinggi, Apa Saja?


Jumat, 16 September 2022 / 12:21 WIB
Tengok Daftar Makanan yang Mengandung Karbohidrat Tinggi, Apa Saja?
ILUSTRASI. Buah mangga adalah salah satu makanan yang mengandung karbohidrat tinggi


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Karbohidrat adalah salah satu nutrisi yang terkandung dalam makanan dan dibutuhkan oleh tubuh agar berfungsi dengan baik. Ada beberapa makanan sehat yang mengandung karbohidrat tinggi yang bisa dijadikan pilihan Anda untuk dikonsumsi.

Karbohidrat juga menjadi salah satu sumber energi yang baik untuk menopang berbagai aktivitas. Selain itu, karbohidrat juga terbagi menjadi dua jenis, yakni karbohidrat sederhana yang mudah untuk dicerna dan karbohidrat kompleks yang membutuhkan waktu relatif lebih lama untuk dicerna.

Meski demikian, Anda juga harus mengontrol asupan karbohidrat yang dikonsumsi dan pintar dalam memilih makanan yang mengandung karbohidrat. Pasalnya, terlalu banyak mengkonsumsi karbohidrat juga tidak baik untuk kesehatan.

Baca Juga: Daftar Manfaat Rambutan Bagi Kesehatan yang Menarik Untuk Diketahui

Lantas apa saja makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dan baik untuk kesehatan?

Melansir dari Medical News Today berikut daftar makanan yang mengandung karbohidrat tinggi, di antaranya:

Ubi

Ubi adalah salah satu makanan yang mengandung karbohidrat tinggi. Selain mengandung banyak karbohidra, ubi manis juga mengandung banyak nutrisi lain seperti vitamin C, vitamin A, serat, dan berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan lainnya.

Jagung

Selain ubi, jagung juga termasuk makanan yang mengandung karbohidrat relatif tinggi. Bahkan, jagung kerap dijadikan makanan pengganti nasi karena mengandung karbohidrat sekaligus protein yang tinggi.

Baca Juga: Daftar Makanan yang Sebaiknya Dihindari Penderita Kolesterol, Catat!

Pisang

Jika Anda suka mengonsumsi buah, pisang bisa dijadikan pilihan sebagai makanan yang mengandung karbohidrat. Soalnya, pisang merupakan buah atau makanan yang mengandung karbohidrat tinggi.

Selain itu, pisang juga mengandung banyak nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, serat, kalium yang baik untuk kesehatan.

Kacang merah

Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi selanjutnya yaitu kacang merah. Hampir sama seperti yang lainnya, kacang merah juga dibekali banyak nutrisi selain karbohidrat. Contohnya, protein, serat, dan zat besi.

Baca Juga: Persib Bandung vs Barito Putera: Live Streaming, Jam Tayang dan Jadwal BRI Liga 1

Mangga

Mangga juga salah satu makanan yang mengandung karbohidrat tinggi yang tak boleh terlewatkan. Buah yang memiliki rasa manis yang menyegarkan tersebut mengandung banyak nutrisi seperti vitamin C, vitamin A, serat dan masih banyak lagi.

Bukan cuma itu, mangga juga mempunyai rasa yang enak dan bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×