Daftar Makanan yang Sebaiknya Dihindari Penderita Kolesterol, Catat!

Jumat, 16 September 2022 | 09:04 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Daftar Makanan yang Sebaiknya Dihindari Penderita Kolesterol, Catat!

ILUSTRASI. Kolesterol tinggi


KONTAN.CO.ID - Makanan adalah salah satu hal yang penting untuk dijaga bagi penderita kolesterol. Ada beberapa makanan juga yang sebaiknya dihindari penderita kolesterol karena dapat memicu kolesterol lebih tinggi.

Untuk mencegah berbagai penyakit dan menurunkan jumlah kolesterol, menghindari makanan-makanan yang menyebabkan kolesterol tinggi atau mengandung banyak lemak adalah hal yang bijak serta tepat untuk dilakukan. 

Bahkan, tidak hanya menghindari makanan penyebab kolesterol tinggi, merubah gaya hidup dengan berhenti merokok, berhenti mengkonsumsi alkohol juga dapat menurunkan jumlah kolesterol jahat di dalam tubuh.

Baca Juga: Fan Token: Wadah Baru Bagi Bobotoh Untuk Bisa Lebih Dekat Dengan Persib Bandung

Apalagi jika dibarengi dengan berolahraga. Jumlah kolesterol akan terjaga dan berat badan menjadi lebih ideal serta terhindar dari berbagai penyakit yang membahayakan kesehatan.

Dilansir dari MedicineNetl, berikut ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari bagi penderita kolesterol tinggi, di antaranya:

1. Gorengan

Gorengan adalah salah satu makanan yang bisa dibilang haram dikonsumsi oleh penderita kolesterol tinggi. Pasalnya, gorengan menganding banyak lemak yang dapat meningkatkan kolesterol jahat di dalam tubuh. Hal tersebut tentunya sangat berisiko membanyakan kesehatan.

2. Alkohol

Selain gorengan, jika Anda mempunyai kolesterol tinggi sebaiknya juga menghindari minuman beralkohol. Hal tersebut dikarenakan mengkonsumsi alkohol dapat meningkatkan jumlah trigliserida dalam tubuh serta kesehatan tubuh yang lain akan terganggu.

Baca Juga: Persib Bandung vs Barito Putera: Live Streaming, Jam Tayang dan Jadwal BRI Liga 1

3. Gula

Makanan dana minuman yang mengandung banyak gula sebaiknya dihindari oleh penderita kolesterol tinggi. Contohnya, seperti donat, kue, minuman kemasan dan masih banyak lagi. 

4. Jeroan

Dilansir dari MedicineNet, berbagai jenis jeroan dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Oleh sebab itu jeroan harus dihindari apalagi jika dimasak dengan cara digoreng. Jeroan yang dimaksud contohnya seperti babat, paru, hati, usus dan lain-lain.

Baca Juga: Jadwal BRI Liga 1 2022/2023: Big Match Pekan 10 Persija Jakarta vs Madura United

5. Makanan yang Mengandung Lemak Jenuh

Selain makanan di atas, beberapa makanan yang mengandung lemak jenuh juga harus dihindari penderita kolesterol tinggi. Makanan yang dimaksud adalah santan, kue, keju, kuning telur dan masih banyak lagi. 

Sama halnya seperti makanan yang lain, mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dapat membahayakan kesehatan Anda karena dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru