Telah terbukti, 5 manfaat cuka apel bagi kesehatan

Jumat, 21 Mei 2021 | 21:28 WIB Sumber: Kompas.com
Telah terbukti, 5 manfaat cuka apel bagi kesehatan

ILUSTRASI. Telah terbukti, 5 manfaat cuka apel bagi kesehatan


Selanjutnya: 7 Manfaat merica untuk kesehatan: menurunkan asam urat tinggi sampai berat badan

 

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Cuka apel telah lama dimanfaatkan di dunia kuliner, pengobatan tradisional, hingga perawatan kecantikan. Banyak klaim yang mengatakan bahwa cuka apel bermanfaat untuk kesehatan dan mampu mengatasi berbagai penyakit. 

Sayangnya, belum banyak penelitian lebih lanjut yang mendukung klaim manfaat cuka apel untuk kesehatan.  Meski demikian, beberapa manfaat cuka apel untuk kesehatan telah dibuktikan secara ilmiah. 

Dilansir dari Healthline, 8 April 2021, berikut adalah 5 manfaat cuka apel untuk kesehatan. 

1. Tinggi nutrisi 

Cuka apel memiliki senyawa aktif utama berupa asam asetat. Asam asetat memberikan aroma dan rasa asam yang kuat pada cuka. Menurut para peneliti, asam asetat bertanggungjawab atas manfaat cuka apel untuk kesehatan. 

Baca Juga: 10 Makanan terbaik untuk mengontrol diabetes

Meski cuka apel tidak mengandung banyak vitamin atau mineral, ia mengandung kalium, asam amino, dan antioksidan yang penting untuk tubuh. 

2. Membunuh bakteri berbahaya 

Cuka apel bermanfaat untuk melawan patogen, termasuk bakteri. Secara tradisional, cuka apel dipercaya mampu membersihkan jamur kuku, kutu, kutil, dan infeksi telinga. 

Cuka juga merupakan bahan pengawet makanan. Studi menunjukkan, cuka apel mampu menghambat bakteri E. coli tumbu dan merusak makanan. 

3. Menurunkan kadar gula darah 

Hingga saat ini, salah satu manfaat cuka apel yang paling terkenal adalah kemampuannya mengatasi diabetes tipe 2.  Diabetes tipe 2 ditandai dengan kadar gula darah tinggi yang disebabkan oleh resistensi insulin.

Baca Juga: 4 Bahan ini bisa jadi cara menghilangkan ketombe, lo

Penelitian menunjukkan, cuka apel mampu meningkatkan sensitivitas insulin hingga 34%. Penelitian lain membuktikan bahwa mengonsumsi 2 sendok makan cuka apel sebelum tidur mampu mengurangi kadar gula darah puasa hingga 4%. 

Editor: Noverius Laoli

Terbaru