Tanpa ribet, coba daftar obat asam urat alami ini, yuk

Sabtu, 13 November 2021 | 12:00 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Tanpa ribet, coba daftar obat asam urat alami ini, yuk

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Obat asam urat alami perlu Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan. Jika tidak, asam urat yang menumpuk dapat menyebabkan inflamasi. Biasanya, rasa sakit karena kondisi itu lebih sering Anda alami di bagian persendia.

Pembengkakan akibat asam urat tinggi terjadi di lutut, ibu jari kaki, siku, dan pergelangan kaki. Namun, tak menutup kemungkinan bahwa inflamasi juga terjadi di bagian tubuh lain, seperti pergelangan tangan.

Untuk memilih obat asam urat yang tepat, Anda perlu memilih makanan dan minuman yang mengandung sedikit purin. Dengan begitu, produksi asam urat berkurang sehingga inflamasi atau peradangan pun mereda.

Kopi dan Teh

Mengutip dari Healthxchange.sg, penderita asam urat masih bisa mengonsumsi kopi dan teh. Meski demikian, usahakan untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsi kopi dan teh. Kandungan kafein dalam jenis minuman itu bisa membuat Anda kesulitan untuk tidur di malam hari.

Baca Juga: Inilah cara mengobati radang sendi, bisa pakai obat atau alami

Telur

Telur jadi obat asam urat alami selanjutnya yang bisa Anda jadikan pilihan. Bukan tanpa alasan, telur mengandung sedikit purin. Namun, pastikan untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan, ya. Dengan begitu, tak muncul masalah kesehatan lain.

Produk Olahan Susu

Yogurt rendah lemak bisa jadi obat asam urat alami.

Produk olahan susu juga termasuk dalam obat asam urat alami, lo. Namun, pastikan untuk mengonsumsi produk olahan susu rendah lemak, ya. Susu rendah lemak atau plain yogurt bisa Anda kombinasikan dengan bahan alami lain yang baik untuk asam urat.

Buah

Salah satu cara menurunkan asam urat adalah dengan mengonsumsi vitamin C. Anda bisa mendapatkannya dari buah-buahan yang ada di sekitar Anda. Mulai dari jeruk, buah nanas, dan lain-lain. Jika Anda ingin mengonsumsinya dalam bentuk jus, usahakan untuk tidak memakai pemanis tambahan, ya.

Baca Juga: Asam urat kumat lagi? Teh daun buah-buahan ini ampuh mengobati asam urat

Sayur

Kubis berguna sebagai obat asam urat alami.

Selain buah-buahan, sayur pun termasuk obat asam urat alami. Ada beberapa jenis sayur yang direkomendasikan oleh Healthxchange.sg yang bisa Anda jadikan opsi. Mulai dari kubis, paprika merah, dan lain sebagainya.

Akan tetapi, tidak semua jenis sayur baik untuk penderita asam urat. Ada beberapa jenis sayur yang justru mengandung banyak purin sehingga perlu Anda hindari. Jenis sayuran yang dimaksud adalah bayam, jamur, kembang kol, asparagus, dan lain-lain.

Selanjutnya: Enam strategi pemerintah capai targetkan 500 koperasi modern pada 2024

Editor: Belladina Biananda
Terbaru