CLOSE [X]

Tanpa Olahraga, Ini 5 Tips Sederhana Turunkan Berat Badan

Jumat, 28 Januari 2022 | 05:10 WIB Sumber: Kompas.com
Tanpa Olahraga, Ini 5 Tips Sederhana Turunkan Berat Badan


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada anggapan di masyarakat yang mengatakan kita tidak akan bisa menurunkan berat badan tanpa membakar kalori dengan berolahraga. Bahkan, mereka yang sudah mengikuti pola makan atau diet yang tepat saja masih mempertimbangkan untuk memasukkan rutinitas olahraga atau melakukan latihan di gym. 

Namun ternyata, sangat mungkin bagi kita untuk bisa menurunkan berat badan tanpa harus melakukan olahraga atau latihan dengan intensitas yang tinggi. 

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut mengenai caranya, simak empat tips sederhana menurunkan berat badan tanpa berolahraga, berikut ini. 

1. Memerhatikan diet 

Untuk bisa menurunkan berat badan secara efektif tanpa berolahraga, kita harus mengikuti diet yang tepat. Orang-orang yang menghabiskan waktunya berjam-jam di gym pun juga perlu memerhatikan pola makan yang seimbang sepanjang hari. 

Beberapa ahli percaya bahwa menurunkan berat badan itu membutuhkan aturan 80/20, di mana 80 persen berasal dari diet dan hanya 20 persen dari olahraga. 

Mengurangi karbohidrat ekstra dan gula olahan lalu menggantinya dengan serat dan protein tambahan dalam diet juga dapat menghasilkan keajaiban dalam menurunkan berat badan. 

Baca Juga: 5 Makanan dan Minuman yang Efektif Meningkatkan Tekanan Darah Rendah

2. Banyak minum 

Air adalah anugerah bagi kehidupan yang juga dapat membantu menurunkan berat badan. Menurut penelitian yang diterbitkan di Obesity, minum 500 ml atau dua gelas air tepat setengah jam sebelum makan mampu membantu kita menurunkan berat badan ekstra. 

Terlepas dari itu, banyak penelitian telah menyatakan bahwa meningkatkan asupan air berbanding lurus dengan kalori yang kita bakar dalam 24 jam. 

Percaya atau tidak, kalori dikonsumsi oleh tubuh kita bahkan saat bernafas, istirahat, dan lain-lain. Jika kita meminum air dalam jumlah yang tepat, jumlah kalori tubuh juga secara otomatis akan tetap pada tingkat yang lebih sehat. 

Para ahli pun merekomendasikan rata-rata orang harus minum minimal 3,7 liter air per hari. 

Baca Juga: Mengenyangkan, Ini 6 Rekomendasi Makanan Diet untuk Anda

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru