kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tanpa obat, inilah 5 cara menurunkan darah tinggi


Senin, 28 September 2020 / 12:51 WIB
Tanpa obat, inilah 5 cara menurunkan darah tinggi
ILUSTRASI. Cara menurunkan darah tinggi bisa dengan rutin olaharaga, salah satunya berlari atau jogging. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Salah satu cara menurunkan darah tinggi yang perlu Anda coba adalah dengan menerapkan pola hidup sehat. Dengan disiplin melakukannya, kebutuhan Anda terhadap obat penurun darah tinggi bisa berkurang. Anda bisa mencoba cara-cara di bawah ini agar kesehatan tubuh membaik.

Menurunkan Berat Badan

Mayo Clinic menyebutkan, tekanan darah ikut meningkat saat berat badan bertambah. Secara umum, tekanan darah turun sekitar 1 mm Hg saat berat badan berkurang sebanyak 2.2 pon.

Jangan memaksakan diri untuk menurunkan berat badan dengan cepat. Hal itu justru dapat menyebabkan stres sehingga tekanan darah gagal turun.

Rutin Olahraga

Olahraga selama 150 menit tiap minggu mampu menurunkan tekanan darah sekitar 5 – 8 mm Hg. Anda perlu melakukannya secara rutin karena kalau tidak, tekanan darah akan kembali naik. Beberapa contoh olahraga yang bisa Anda lakukan adalah berjalan, jogging, bersepeda, atau berenang.

Anda juga bisa mencoba latihan kekuatan agar tekanan darah turun. Lakukan latihan kekuatan sebanyak dua kali dalam seminggu. Anda bisa berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu sebelum melakukan jenis-jenis olahraga untuk menurunkan tekanan darah.

Baca Juga: Jus mengkudu bermanfaat sebagai obat herbal tekanan darah tinggi

Konsumsi Jenis Makanan Tertentu

Cara menurunkan darah tinggi lainnya yang direkomendasikan oleh Mayo Clinic adalah dengan mengonsumsi jenis makanan tertentu. Mengonsumsi buah, sayur, atau makanan rendah lemak bisa menurunkan tekanan darah sebanyak 11 mm Hg.

Batasi Konsumsi Alkohol

Mengonsumsi alkohol dalam jumlah cukup memang bisa menurunkan tekanan darah. Namun, jika dikonsumsi secara berlebihan, hal itu justru menyebabkan tekanan darah melonjak.

Untuk wanita, disarankan mengonsumsi alkohol tidak lebih dari satu kali, sedangkan pria tidak lebih dari dua kali. Satu kali minum alkohol sama dengan 12 ons bir atau 1.5 ons wine.

Baca Juga: Daun kumis kucing bermanfaat sebagai obat herbal penurun tekanan darah tinggi

Berhenti Merokok

Cara menurunkan darah tinggi bisa Anda lakukan dengan berhenti merokok.

Tekanan darah bisa meningkat beberapa menit setelah Anda selesai merokok. Maka dari itu, Anda perlu berhenti merokok agar tekanan darah tetap stabil. Berhenti merokok juga bisa menghindarkan Anda dari penyakit jantung dan meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Selanjutnya: Jus pisang efektif menurunkan tekanan darah tinggi Anda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×