kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45932,69   4,34   0.47%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tanpa Minum Obat, Gunakan Bahan Alami Ini Untuk Mengatasi Hidung Tersumbat


Jumat, 20 Mei 2022 / 10:18 WIB
Tanpa Minum Obat, Gunakan Bahan Alami Ini Untuk Mengatasi Hidung Tersumbat
ILUSTRASI. Cara mengatasi hidung tersumbat.


Penulis: Ryan Suherlan

KONTAN.CO.ID - Hidung tersumbat umumnya muncul saat seseorang mengalami flu atau pilek. Untuk mengatasi dan meredakan hidung tersumbat ada beberapa bahan alami yang patut Anda coba, sehingga tidak perlu mengkonsumsi obat berbahan kimia.

Saat hidung tersumbat, kondisi tersebut sangat membuat tidak nyaman apalagi menjelang tidur. Terkadang hidung tersumbat juga bisa membuat napas menjadi lebih sulit hingga menimbulkan pusing atau sakit kepala. 

Umumnya hidung tersumbat terjadi karena adanya penumpukan lendir disaluran pernapasan. Namun, ternyata hidung tersumbat juga bisa disebabkan oleh pembuluh darah yang meradang di area sinus. 

Baca Juga: Jerawat Batu Susah Hilang? Coba 5 Cara Alami Ini untuk Menghilangkan

Terlepas dari itu, dilansir dari PhamrEasy ada beberapa cara untuk mengatasi hidung tersumbat dengan menggunakan bahan-bahan alami. 

Bawang Merah 

Bawang merah adalah salah satu bahan alami yang mampu mengatasi hidung tersumbat. Cobalah untuk mencium aroma bawang merah kuat tersebut selama beberapa menit sampai hidung tersumbat menjadi lebih baik. 

Jahe 

Jahe adalah salah satu rempah yang mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan. Salah satu khasiatnya adalah dapat mengatasi hidung tersumbat. Anda bisa meminum air rebusan jahe karena mengandung antioksidan dan antiinflamasi.

Baca Juga: Hati-Hati! Ini 5 Penyebab Rambut Rontok yang Perlu Diwaspadai

Cuka Apel 

Cara mengatasi hidung tersumbat selanjutnya adalah memanfaatkan cuka apel. Pasalnya, cuka apel mengandung antibakteri dan antijamur yang efektif melancarkan sistem pernapasan. 

Bawang Putih 

Tidak hanya bawang putih, bawang merah juga bisa mengatasi hidung tersumbat. Kandungan antioksidan dalam bawang putih dipercaya dapat mengatasi infeksi yang menjadi penyebab hidung tersumbat. 

Madu 

Anda juga bisa mencoba mengkonsumsi madu untuk mengatasi hidung tersumbat. Selain itu, madu juga bisa menyembuhkan sakit tenggorokan akibat infeksi. 

Baca Juga: Free Download Video TikTok Tanpa Watermark Lewat SSSTiKTok, Caranya Mudah dan Gratis

Nanas

Cara mengatadi hidung tersumbat yang terakhir adalah dengan mengkonsumsi buah nanas. Kandungan bromealin dalam buah nanas dapat membantu meredakan peradangan dalam tubuh salah satunya yang menjadi penyebab hidung tersumbat. 

Itulah beberapa cara mengatasi hidung tersumbat dengan bahan-bahan alami. Meski demikian, alangkah lebih baik untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau tenaga medis terdekat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×