Hati-Hati! Ini 5 Penyebab Rambut Rontok yang Perlu Diwaspadai

Kamis, 19 Mei 2022 | 11:22 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Hati-Hati! Ini 5 Penyebab Rambut Rontok yang Perlu Diwaspadai

ILUSTRASI. Penyebab rambut rontok.


KONTAN.CO.ID - Rambut rontok berlebihan adalah masalah yang perlu Anda waspadai. Penyebab rambut rontok sendiri bisa disebabkan oleh banyak hal serta bisa pula menjadi tanda adanya gangguan kesehatan.

Pada dasarnya rambut rontok merupakan salah hal yang wajar. Namun, ada juga kerontokan rambut yang parah hingga bisa menimbulkan kebotakan. 

Terdapat beberapa cara menghindari kebotakan yang bisa Anda lakukan. Seperti melakukan perawatan, tidak mewarnai rambut serta sering memakai vitamin rambut. 

Baca Juga: 7 Manfaat Minum Air Putih Untuk Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui

Merangkum dari Eugenix, terdapat beberapa penyebab rambut rontok yang wajib Anda ketahui, di antaranya adalah: 

Infeksi Kulit Kepala 

Penyebab rambut rontok menurut Eugenix yang pertama adalah adanya infeksi kulit kepala. Infeksi tersebut disebabkan oleh jamur yang bisa membuat rambut rontok. 

Biasanya di kulit kepala akan muncul putih-putih sebelum mengalami kerontokan. 

Penataan Rambut 

Selanjutnya penataan rambut yang berlebihan bisa menyebabkan rontok. Pasalnya, akar rambut bisa melemah sehingga menyebabkan rambut mudah rontok. 

Perubahan Hormon 

Perubahan hormon merupakan salah satu penyebab yang sering terjadi dan mampu membuat rambut rontok. Umumnya perubahan hormon dikarenakan hamil, menstruasi, lanjut usia hingga stres bisa menyebabkan rambut rontok. 

Baca Juga: Banyak Kutu Rambut? Coba Gunakan 5 Bahan Alami Ini untuk Membasminya

Riwayat Kesehatan 

Penyebab rambut rontok juga bisa dipengaruhi oleh riwayat kesehatan keluarga. Contohnya, jika salah seorang dari orang tua mengalami kebotakan, ada kemungkinan Anda juga akan mengalmi hal serupa. 

Pengobatan Tertentu

Jika sedang menjalani pengobatan tertentu jangan panik jika rambut Anda rontok. Pasalnya, pengobatan tertentu bisa menjadi penyebab rambut rontok. 

Pengobatan yang dimaksud seperti hipertensi, darah tinggi, obat antideprasan dan lain sebagainya. Namun, tidak usah khawatir biasa kerontokan tersebut hanya bersifat sementara saat Anda menjalani masa pengobatan saja. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru