7 Manfaat Minum Air Putih Untuk Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui

Kamis, 19 Mei 2022 | 07:15 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
7 Manfaat Minum Air Putih Untuk Kesehatan yang Wajib Anda Ketahui

ILUSTRASI. Manfaat minum air putih untuk kesehatan.


KONTAN.CO.ID - Minum air putih adalah hal yang wajib dilakukan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh harian. Sealin itu, minum air putih juga mempunyai banyak manfaat untuk menjaga kesehatan berbagai macam organ tubuh.

Selain menjaga kesehatan berbagai macam organ, minum air putih juga membuat organ tubuh juga berjalan lancar.

Selain itu, Minum air putih juga mampu meningkatkan sistem imun tubuh loh. Orang dewasa disarankan untuk minum 8-10 gelas sehari atau sekitar 2-2,5 liter per hari. 

Baca Juga: Banyak Kutu Rambut? Coba Gunakan 5 Bahan Alami Ini untuk Membasminya

Melansir dari On Health, ada beberapa manfaat minum air putih bagi kesehatan yang perlu Anda ketahui. Di antaranya: 

Menurunkan Berat Badan

Manfaat minum air putih yang pertama adalah bisa menurunkan berat badan. Hal tersebut dikarenakan minum air putih dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu menurunkan berar badan. 

Oleh karena itu memperbanyak minum air putih sangat cocok bagi Anda yang sedang menjalani program diet menurunkan berat badan.

Sumber Energi

Minum air putih mempunyai manfaat sebagai salah satu sumber energi. Dengan asupan air putih yang cukup mampu meningkatkan energi untuk melakukan berbagai aktivitas dan menhindari rasa haus saat menjalankan puasa.

Pasalnya, jika tubuh mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan, hal tersebut akan mengurangi energi dan tubuh tidak berfungsi dengan baik.

Baca Juga: Mampu Menjaga Kesehatan Ginjal, Ini 6 Khasiat Daun Kelor untuk Kesehatan

Melawan Stres

Manfaat minum air putih lainnya adalah mampu melawan stres. Dehidrasi diketahui berkontribusi terhadap stres, kelelahan, kemarahan, suasana hati negatif, dan masalah kognitif semuanya meningkat ketika Anda mengalami dehidrasi. 

Oleh karena itu, Bawalah sebotol air putih setiap saat dan minum setiap setengah jam atau jam di siang hari. Anda akan cenderung tidak mengalami dehidrasi dan merasa stres. 

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru