kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tak Selalu Buruk, Ini 5 Manfaat Minum Air Dingin untuk Kesehatan


Rabu, 11 Oktober 2023 / 15:55 WIB
Tak Selalu Buruk, Ini 5 Manfaat Minum Air Dingin untuk Kesehatan
ILUSTRASI. Tak Selalu Buruk, Ini 5 Manfaat Konsumsi Air Dingin untuk Kesehatan


Penulis: Bimo Kresnomurti

Manfaat Minum Air Dingin - JAKARTA. Kenali beberapa manfaat minum air dingin untuk kesehatan. Konsumsi air dengan suhu rendah tidak selamanya buruk untuk tubuh.

Air dingin merupakan air yang memiliki suhu di bawah suhu ruangan atau suhu normal. Biasanya, ini merujuk pada air yang lebih sejuk daripada suhu tubuh manusia, yang berkisar sekitar 36-37 derajat Celsius (atau sekitar 97-98,6 derajat Fahrenheit).

Air dingin merupakan air suhu rendah di bawah suhu ruangan, tergantung pada lingkungan tempat air tersebut disimpan atau diambil. Suhu air dingin bisa bervariasi tergantung pada seberapa lama air itu telah didinginkan dan suhu di sekitarnya.

Fungsi air dingin sering digunakan untuk diminum atau sebagai minuman penyegar pada cuaca panas. Ini juga dapat digunakan untuk mengatasi panas tubuh atau membantu dalam mendinginkan makanan dan minuman lainnya.

Baca Juga: 6 Obat Alami yang Bikin Asam Urat Tinggi Kandas, Tak Kumat Lagi

Manfaat minum air dingin untuk kesehatan

Manfaat minum air dingin

Nah, meski penelitian ungkap air dingin tidak baik untuk masalah pencernaan, ada beberapa hal yang perlu dicatat soal konsumsi air dingin.

Pastikan Anda tidak terlalu banyak minum air dingin, terutama selama atau setelah makan, karena dapat mempengaruhi pencernaan.

Ada beberapa manfaat minum air dingin untuk kesehatan yang perlu Anda pertimbangkan.

Simak beberapa khasiat hingga manfaat minum air dingin untuk kesehatan dilansir dari Reddy Ice.

Baca Juga: 6 Bahan Alami Ini Efektif Menurunkan Asam Urat Tinggi

1. Tingkat Metabolisme Lebih Baik

Banyak orang yang salah paham bahwa air dingin menyebabkan berat badan bertambah karena memperlambat metabolisme. Minum air dingin sebenarnya meningkatkan metabolisme Anda.

Peneliti Jerman juga menemukan bahwa minum enam cangkir air dingin sehari dapat meningkatkan metabolisme istirahat sekitar 50 kalori setiap hari.

Ini memiliki jumlah yang sama dengan yang akan Anda bakar jika Anda berjalan selama 15 menit.

Tubuh Anda harus bekerja lebih agresif untuk menjaga suhu internal, dan pada saat yang sama tubuh membakar lebih banyak gula dan lemak sehingga menyebabkan penurunan berat badan.

2. Untuk hidrasi tubuh

Kabar baiknya adalah air dingin adalah teman olahraga yang sangat baik. Penelitian mengungkapkan bahwa orang minum air dingin atau dingin sekitar 50 persen lebih banyak dibandingkan dengan minum air hangat saat berolahraga dan sebagai hasilnya, dehidrasi lebih sedikit.

Penelitian lain menunjukkan bahwa orang yang berolahraga di tempat yang panas dan lembab mengalami peningkatan suhu inti tubuh secara bertahap ketika minum air dingin, bukan air hangat.

Baik berlari, bersepeda, atau angkat beban, tampaknya peminum air dingin mampu berolahraga lebih lama tanpa merasa lelah.

Saat pergi ke gym atau berlari, untuk menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi, Anda bisa konsumsi air dingin.

Air dingin adalah cara terbaik untuk menenangkan diri setelah berolahraga karena dapat membantu mengurangi peradangan dan nyeri.

3. Mengurangi rasa Sakit

Air dingin mengaktifkan sensor tepat di bawah kulit, yang kemudian meningkatkan detak jantung dan menambah adrenalin untuk memberi perasaan gelisah.

Adrenalin membantu membuat Anda tetap waspada dan siap secara mental. Penelitian menunjukkan bahwa selain kafein, minum air es membantu tetap perhatian dan lebih fokus.

Anda bisa memiliki pikiran yang waspada dengan produksi adrenalin yang lebih baik, menghasilkan pengambilan keputusan yang lebih cepat; karenanya meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan.

Adrenalin tidak hanya mempunyai kapasitas untuk mengangkat pikiran Anda tetapi juga meningkatkan kecenderungan tubuh untuk menahan rasa sakit. Hal inilah yang menyebabkan orang yang mengalami kecelakaan sering kali diberi segelas air dingin agar pikirannya tetap waspada, dan rasa sakit yang dirasakan tubuhnya berkurang dibandingkan trauma yang dialaminya.

4. Rehidrasi

Rehidrasi Apakah Anda merasa kelelahan lebih cepat dari biasanya? Beralihlah ke air dingin daripada air hangat atau air bersuhu ruangan. Peneliti Universitas Columbia juga menunjukkan bahwa perut manusia menyerap air minum yang didinginkan hingga sekitar 40 derajat Fahrenheit jauh lebih cepat daripada air hangat atau air bersuhu ruangan.

Tentu ini pada akhirnya membantu mencegah efek samping dehidrasi.

5. Detoksifikasi

Air es dingin berfungsi mengeluarkan racun dari dalam tubuh, jadi meminumnya lebih banyak dapat membantu mencegah penumpukan racun dan berdampak negatif pada sistem kekebalan Anda.

Jika Anda hanya bisa menampung begitu banyak air putih, ada beberapa cara berbeda untuk menikmati agua lezat yang menghidrasi dengan membumbuinya dengan makanan super alami.

Anda bisa konsumsi dengan tambahan potongan buah untuk membuat infused water sebagai sumber vitamin, mineral, dan antioksidan alami.

Penting untuk diingat bahwa meskipun minum air dingin bisa menyegarkan, suhu ekstrem seperti air yang terlalu dingin juga dapat mempengaruhi kondisi kerongkongan hingga pencernaan.

Itulah sederet informasi terkait manfaat minum air dingin untuk kesehatan yang perlu Anda pertimbangkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×