Tak sekedar nikmat, ini jus yang bisa membersihkan liver

Rabu, 13 Oktober 2021 | 17:05 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
Tak sekedar nikmat, ini jus yang bisa membersihkan liver

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.Hati alias liver memiliki peran penting dalam sistem metabolime. Ini jus yang bisa membantu membersihkan liver. 

Hati merupakan organ tubuh yang memiliki peran penting dalam sistem metabolisme. 

Baca Juga: Kaya nutrisi, begini cara konsumsi telur yang aman untuk penderita diabetes

Hati alias liver bertugas untuk mengatur lemak, protein, dan karbohidrat dalam darah untuk memproduksi dan mengeluarkan empedu serta menyimpan vitamin yang penting. 

Mengutip dari Food NDTV, Ahli Gizi, Dr. Rupali Datta mengatakan hali merupakan satu-satunya organ tubuh yang membersihkan dirinya sendiri. 

Apapun yang Anda konsumsi didetoksifikasi oleh hati. Maka Anda harus mengonsumsi makanan sehat agar hati tidak bekerja keras. 

Menurut buku berjudul Healing Foods, hati memiliki tugas untuk memecah dan menghilangkan setiap makanan dan racun di dalam tubuh. 

Anda tidak inginkan kesehatan hati menurun? 

Untuk menjaga hati tetap sehat dan bisa bekerja secara maksimal, Anda bisa mengonsumsi empat buah dan sayur berikut ini: 

  • Wortel 
  • Apel
  • Jeruk bali 
  • Mint 

Alih-alih mengonsumsinya secara langsung, Anda bisa menggabungkan seluruh bahan dan mengolahnya menjadi jus yang segar dan nikmat. 

Asal tahu saja, jus buah dan sayur tersebut bermanfaat untuk membersihkan hati serta membantu merangsang proses detoksifikasi alami di hati. 

Keempat bahan tersebut memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan hati. Jeruk bali bermanfaat sebagai pembangkit tenaga nutrisi. Buah ini mengandung enzim yang membantu hati memecah racun lebih efisien. 

Wortel mengandung karotenoid yang berperan untuk mencegah kerusakan oksidatif di dalam tubuh. 

Sedangkan Mint bersifat dekongestan dan triterpenoid yang ada pada kulit apel memiliki aktivitas pelindung yang kuat untuk sel-sel hati. 

Baca Juga: 5 Jenis kacang yang efektif membakar lemak perut dan menurunkan berat badan

Selanjutnya: Segar dan mudah dibuat, infused water mentimun bisa mengobati asam urat

 

Editor: Tri Sulistiowati
Terbaru