5 Jenis kacang yang efektif membakar lemak perut dan menurunkan berat badan

Selasa, 12 Oktober 2021 | 11:15 WIB   Reporter: Tri Sulistiowati
5 Jenis kacang yang efektif membakar lemak perut dan menurunkan berat badan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kacang memang mengandung kalori tinggi. Namun, kacang yang dikonsumsi dalam porsi yang tepat baik untuk kesehatan. Ini 5 jenis kacang yang bisa membantu membakar lemak dan menurunkan berat badan. 

Bagi sebagian orang menurunkan berat badan tidaklah mudah. Memang, mereka harus bekerja keras dan bersabar untuk mencapai berat badan ideal. 

Baca Juga: Makanan dan minuman yang baik serta buruk untuk penderita kolesterol

Apakah Anda sedang berjuang menurunkan berat badan? 

Anda harus mengatur pola makan, olahraga secara teratur, dan menjalankan gaya hidup sehat bila ingin sukses menurunkan berat badan. 

Mengutip dari NDTV, kacang-kacangan baik dikonsumsi untuk Anda yang sedang diet. 

Alasannya, kacang kaya akan serat, protein, lemak sehat, vitamin, dan mineral yang membantu menurunkan berat badan dan membakar lemak perut. 

Walupuan sehat, Anda tidak boleh mengonsumsi kacang-kacangan dalam jumlah besar. 

Berikut 5 jenis kacang yang bisa menurunkan berat badan dan membakar lemak perut. 

1. Almond 

Kacang almond dianggap sebagai salah satu makanan super karena mengandung protein, antioksidan, dan lemak sehat. 

Lemak tak jenuh dalam almond bisa menurunkan nafsu makan dan kandungan serat bisa menciptakan rasa kenyang lebih lama. 

Almond juga mengandung asam amino yang membantu membakar lemak. Kacang almond yang dikonsumsi 3-5 biji setiap hari sering dikaitkan dengan penurunan berat badan yang lebih banyak dan metabolisme lemak yang lebih tinggi. 

2. Kenari 

Kacang kenari kaya akan lemak tak jenuh yang bagus untuk menjaga kesehatan jantung dan menurunkan berat badan.

Kenari juga mengandung omega 3, sterol nabati dan vitamin yang bisa membantu menekan nafsu makan.  

Mengonsumsi segenggam kacang kenari saban hari bisa membantu merangsang penurunan lemak dan mencapai berat badan ideal. 
 
3. Pistachio 

Kacang pistachio mengandung protein dalam jumlah sedang. Protein tersebut bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. 

Tidak hanya itu, protein tersebut juga bisa membantu membangun jaringan otot baru. Sedangkan kandungan lemak tak jenuh dalam kacang pistachio bisa membantu menurunkan berat badan. 

4. Kacang brazil 

Sama dengan ketiga kacang sebelumnya, kacang brazil kaya akan serat dan protein. Kedua kandungan tersebut memiliki peran penting dalam membantu menurunkan berat badan. 

Kacang brazil juga mengandung mineral yang baik untuk tubuh yakni selenium, magnesium, fosfor, dan tiamin. Semua kandungan tersebut berperan untuk membantu menurunkan berat badan. 

Sedangkan kandungan L-arginine bermanfaat mendukung proses pembakaraan lemak dan membantu memulai metabolisme tubuh. 

5. Kacang mede 

Kandungan magnesium dalam kacang meda sangat penting untuk mengatur metabolisme lemak serta karbohidrat yang selanjutnya bisa membantu menurunkan berat badan. 

Kacang mede merupakan sumber protein, kunci menurunka berat badan. 

Kacang memang mengandung kalori tinggi. Namun, konsumsi kacang dalam porsi yang tepat bisa membantu menurunkan berat badan. 

Anda sebaiknya mengonsumsi salah satu jenis kacang di atas tidak lebih dari satu genggam. 

Jangan lupa Anda juga olahraga secara teratur dan konsumsi buah serta sayur secara rutin. Selamat mencoba. 

Baca Juga: Ingin gula darah turun dan stabil? Konsumsi 7 teh berbahan alami berikut ini

Selanjutnya: Madu bisa menurunkan berat badan, begini cara konsumsinya

 

Editor: Tri Sulistiowati
Terbaru