Tak Perlu Ke Apotek, Ini Obat Alami Untuk Vertigo, Cek Juga Penyebab Vertigo Kambuh

Rabu, 16 November 2022 | 06:07 WIB   Reporter: Adi Wikanto
Tak Perlu Ke Apotek, Ini Obat Alami Untuk Vertigo, Cek Juga Penyebab Vertigo Kambuh

ILUSTRASI. Tak Perlu Ke Apotek, Ini Obat Alami Untuk Vertigo, Cek Juga Penyebab Vertigo Kambuh. KONTAN/Muradi/01/08/2010

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada beragam obat vertigo yang bisa dibeli di apotek. Selain obat apotek, sejumlah bahan alami juga bisa menjadi obat untuk mengatasi vertigo. Simak juga faktor-faktor penyebab vertigo kumat.

Obat alami untuk vertigo bisa dimanfaatkan saat darurat. Jika tidak ada obat apotek, Anda bisa memanfaatkan bahan alami untuk mengatasi vertigo yang kumat.

Penderita vertigo perlu mengetahui daftar obat alami tersebut. Pasalnya, vertigo bisa kumat secara tak terduga.

Dilansir dari Kompas.com, vertigo adalah masalah kesehatan saat otak merasakan tubuh terasa tidak seimbang, padahal sebenarnya tidak demikian. Vertigo bisa sering kumat karena bagian atau gejala suatu penyakit. Misalkan stroke, cedera kepala dan leher, atau penyakit meniere.

Untuk vertigo karena penyakit tertentu, cara mengatasi vertigo perlu menyembuhkan penyakit yang mendasarinya. Ada juga jenis vertigo ringan yang hanya terjadi sesekali saat ada masalah kesehatan tertentu.

Baca Juga: 6 Penyebab Vertigo yang Mungkin Anda Alami, Simak!

Terdapat beberapa cara mengobati vertigo ringan yang relatif minim efek samping. Anda bisa menjajal beberapa obat vertigo alami sebagai alternatif meredakan masalah kesehatan ini.

Berikut beberapa bahan alami vertigo selain obat dari apotek:

1. Ginkgo biloba

Obat alami yang bagus untuk mengatasi vertigo yang pertama adalah ginkgo biloba. Ginkgo bioloba adalah obat vertigo alami yang ampuh dan jamak digunakan di pengobatan tradisional China.

Melansir Medical News Today, Ginkgo biloba bisa mengobati vertigo dengan cara melancarkan aliran darah ke otak. Dengan peredaran darah ke otak yang lebih lancar, masalah keseimbangan dan pusing yang jadi gejala vertigo bisa berkurang.

Studi di International Journal of Otolaryngology menyebut, Ginkgo biloba sama efektifnya dengan obat vertigo jenis betahistine. Dilansir dari Healthline, cara mengobati vertigo dengan Ginkgo biloba bisa lewat mengonsumsinya sebanyak 240 miligram per hari.

2. Jahe

Obat alami yang bagus untuk mengatasi vertigo kedua adalah jahe. Jahe juga disebut sebagai salah satu obat vertigo alami yang ampuh meredakan gejala masalah kesehatan ini.

Studi yang diterbitkan di Journal of Acupuncture and Tuina Science menyebut, mengonsumsi jahe bisa mengurangi efek vertigo. Efektivitas minum jahe sebagai cara mengatasi vertigo disebut lebih baik ketimbang terapi reposisi manual untuk vertigo.

Cara mengobati vertigo dengan jahe bisa dengan menyeduh rimpang jahe dengan secangkir air mendidih selama lima menit. Minum seduhan air jahe ini dua kali sehari untuk membantu mengatasi vertigo, pusing, sampai mual mual.

3. Minyak esensial

Obat alami yang bagus untuk mengatasi vertigo ketiga adalah minyak esensial. Minyak esensial atau minyak atsiri dapat membantu mengatasi gejala vertigo seperti mual, sakit kepala, dan pusing.

Beberapa jenis minyak esensial yang bisa digunakan untuk mengatasi vertigo di antaranya peppermint, jahe, lavender, dan lemon. Minyak esensial bisa dihirup lewat difuser atau diencerkan dengan minyak khusus sebelum dioleskan ke tubuh.

4. Cuka apel dan madu

Obat alami yang bagus untuk mengatasi vertigo yang keempat adalah cuka apel dan madu. Kombinasi cuka apel dan madu juga bisa digunakan sebagai obat vertigo alami.

Manfaat cuka apel dan madu dapat melancarkan aliran darah ke otak. Tak hanya itu, cuka apel dan madu juga bisa mencegah sekaligus mengobati vertigo secara alami.

Cara mengobati vertigo dengan obat alami di atas bisa jadi solusi jangka pendek atau instan untuk mengatasi masalah kesehatan ini. Jika vertigo sering kambuh, Anda perlu berkonsultasi ke dokter spesialis THT atau ahli saraf. Dokter bisa membantu menemukan diagnosis dan solusi yang tepat untuk mengatasi vertigo Anda.

Penyebab vertigo kumat

Diberitakan Kontan.co.id, ada banyak faktor penyebab vertigo kumat. Berikut beberapa penyebab vertigo kumat yang perlu diwaspadai:

Stroke

Stroke juga bisa jadi salah satu faktor penyebab vertigo, lo. Stroke adalah kondisi di mana aliran darah dalam otak terhenti atau terjadi penggumpalan darah dalam otak. Selain menyebabkan vertigo, stroke juga bisa mengganggu kondisi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Baca Juga: Bisa Jadi Obat Herbal Vertigo, Coba 5 Bahan Ini, Yuk

Labirinitis

Penyebab vertigo kumat lainnya ada labirinitis. Mengutip dari Everyday Health (everydayhealth.com), labirinitis atau vestibular neuritis adalah gangguan pada telinga bagian dalam yang menyebabkan iritasi dan peradangan. Masalah itu terjadi akibat infeksi virus. Jika terus dibiarkan, kemampuan indra pendengaran bisa berkurang hingga benar-benar hilang.

Hamil

Tahukah Anda bahwa hamil dapat menyebabkan Anda mengalami vertigo? Saat hamil, ada banyak perubahan yang terjadi dalam tubuh. Mulai dari keseimbangan hormon, jumlah gula darah, tekanan darah, dan lain sebagainya.

Meski demikian, Anda tidak perlu khawatir karena vertigo bisa hilang saat Anda sudah melahirkan. Namun, jika vertigo terus Anda alami, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter, ya. Bisa jadi vertigo muncul karena faktor kesehatan yang lain.

Diabetes

Diabetes bisa jadi salah satu penyebab vertigo.

Salah satu bentuk komplikasi diabetes adalah arteri yang mengeras. Kondisi itu dapat mengganggu aliran darah dalam otak. Akhirnya, vertigo pun Anda alami. Jika Anda memang menderita diabetes dan mengalami vertigo, cobalah untuk segera berkonsultasi dengan dokter.

Baca Juga: 5 Obat sakit kepala ini bisa beri hasil efektif, apa saja?

Kolesteatoma

Kolesteatoma juga bisa menjadi penyebab vertigo kumat. Kolesteatoma adalah kondisi di mana muncul pertumbuhan kulit di telinga bagian dalam. Meski tidak bersifat kanker, kondisi itu bisa mengganggu kondisi telinga dan keseimbangan tubuh Anda. Hal itulah yang membuat Anda mengalami vertigo.

Penyakit Meniere

Everyday Health mengatakan bahwa penyakit meniere adalah salah satu penyebab umum terjadinya vertigo. Penyakit itu terjadi saat jumlah cairan dalam saluran pendengaran terlalu banyak. Selain menyebabkan vertigo, masih banyak gejala lain yang bisa Anda alami, misalnya rambut rontok.

Itulah daftar obat alami yang bagus untuk mengatasi vertigo, selain obat apotek. Waspadai penyebab vertigo di atas agar tidak kumat lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru