5 Obat sakit kepala ini bisa beri hasil efektif, apa saja?

Senin, 13 Desember 2021 | 11:50 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Obat sakit kepala ini bisa beri hasil efektif, apa saja?

ILUSTRASI. Obat sakit kepala perlu segera Anda manfaatkan supaya kondisi kesehatan tak memburuk.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Meski cukup umum terjadi, bukan berarti Anda bisa mengabaikan sakit kepala. Jika dibiarkan, masalah kesehatan itu bisa mengganggu aktivitas dan memicu kemunculan penyakit lain. Mengonsumsi obat sakit kepala dapat Anda jadikan pilihan supaya rasa sakit mereda.

Salah satu penyebab sakit kepala adalah dehidrasi. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum banyak air putih. Mengutip Healthline (healthline.com), minum air putih bisa mengobati sakit kepala dalam waktu 30 menit hingga tiga jam.

Selain minum banyak air putih, mencukupi kebutuhan waktu tidur pun tidak kalah penting. Usahakan untuk tidur selama tujuh hingga sembilan jam tiap malam agar sakit kepala tak datang. Namun, jika kondisi itu masih Anda alami, cobalah untuk memakai cara yang lain.

Vitamin B Kompleks

Beberapa penelitian menunjukkan bahawa vitamin B kompleks dapat mengurangi sakit kepala. Vitamin B kompleks terdiri dari delapan jenis vitamin B yang larut dalam air sehingga aman untuk Anda konsumsi.

Baca Juga: Mudah didapat, coba 5 obat herbal vertigo ini, yuk

Essential Oil

Obat sakit kepala selanjutnya yang bisa Anda coba adalah essential oil. Essential oil adalah salah satu jenis cairan yang terdiri dari senyawa aromatik. Healthline mengatakan bahwa essential oil dengan aroma peppermint dan lavender efektif mengatasi sakit kepala.

Cobalah untuk mengoleskan essential oil di pelipis untuk menurunkan ketegangan akibat sakit kepala. Anda juga bisa mengaplikasikannya di atas bibir agar aromanya lebih mudah untuk Anda hirup.

Kompres Dingin

Selain obat sakit kepala yang sudah disebutkan, kompres dingin juga dapat mengatasi sakit kepala secara efektif. Cobalah untuk meletakkan kompres dingin di leher atau dahi. Cara itu mampu memperlambat konduksi saraf, menyempitkan pembuluh darah sehingga sakit kepala berkurang.

Cara yang perlu Anda lakukan pun mudah. Cukup masukkan es batu secukupnya dalam kantung plastik. Setelah itu, balut kantung plastik dengan handuk dan letakkan di leher atau bagian kepala. Lakukan cara tersebut hingga sakit kepala berkurang.

Baca Juga: Cara mengatasi hidung mampet dan tersumbat tanpa perlu minum obat

Jahe

Jahe termasuk bahan alami yang cocok dijadikan obat sakit kepala.

Bukan lagi jadi rahasia bila jahe memiliki banyak khasiat. Salah satu manfaat jahe yang bisa Anda dapat adalah jenis rempah itu cocok dijadikan cara mengobati sakit kepala. Tak hanya itu, jahe juga efektif meredakan rasa mual yang biasanya muncul bersama sakit kepala.

Magnesium

Sakit kepala bisa Anda alami saat tubuh kekurangan magnesium karena jenis mineral itu memiliki banyak kegunaan. Misalnya, magnesium berpengaruh pada kontrol jumlah gula darah dan transmisi saraf.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi 600 mg magnesium sitrat oral tiap hari dapat menurunkan risiko migrain. Namun, usahakan untuk tidak mengonsumsi suplemen magnesium secara berlebihan karena bisa menyebabkan efek samping.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru