kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tak hanya merawat kulit, ini 5 kegunaan air mawar yang lain


Jumat, 11 Desember 2020 / 13:11 WIB
Tak hanya merawat kulit, ini 5 kegunaan air mawar yang lain
ILUSTRASI. Kegunaan air mawar bisa Anda manfaatkan untuk menjaga kesehatan tubuh. ANTARA FOTO/Didik Suhartono/pd.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Saat ini, air mawar dikenal sebagai salah satu produk perawatan kulit yang digunakan oleh banyak orang. Namun, tahukah Anda bahwa kegunaan air mawar bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh yang lain? Berikut ini manfaat air mawar yang bisa Anda dapatkan.

Mengatasi Masalah Kulit

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, Anda bisa memakai air mawar untuk perawatan kulit. Hal itu disebabkan karena adanya antiinflamasi, antibakteri, antiseptik, dan antioksidan. Kandungan-kandungan itu mampu mengatasi masalah kulit yang Anda alami.

Mulai dari mengobati eksim, mengurangi kemerahan, mencegah munculnya jerawat, kerutan, dan tanda-tanda penuaan lainnya, serta mencegah infeksi. Healthline (healthline.com) mengatakan bahwa air mawar juga mampu mempercepat proses penyembuhan luka.

Mengobati Sakit Tenggorokan

Selain minum obat yang dijual di apotek, Anda bisa memakai air mawar untuk mengobati sakit tenggorokan yang Anda alami. Meski demikian, masih dibutuhkan lebih banyak penelitian lagi untuk membuktikan efektivitas air mawar mengatasi sakit tenggorokan.

Baca Juga: Ini manfaat daun mint untuk kecantikan kulit dan rambut Anda

Meningkatkan Mood

Kegunaan air mawar selanjutnya yang disebutkan Healthline adalah bahan alami itu mampu meningkatkan mood atau perasaan seseorang. Hal itu disebabkan oleh adanya kandungan antidepresan dan antianxiety dalam air mawar.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ekstrak Bunga Mawar mampu membuat sistem saraf tikus percobaan menjadi lebih rileks. Hasil tersebut karena adanya kandungan yang telah disebutkan.

Mengatasi Sakit Kepala

Apakah Anda sedang mengalami sakit kepala? Jika iya, cobalah untuk menggunakan air mawar atau rose essential oil sebagai aromaterapi. Dengan menghirup uap yang berasal dari air mawar, sakit kepala yang sedang Anda rasakan bisa berkurang.

Selain menghirup aroma air mawar, Anda juga bisa memakai air mawar dengan cara kompres. Pertama, celupkan kain ke air mawar lalu peras hingga airnya berkurang. Setelah itu, letakkan kain basah tersebut di atas dahi selama 45 menit.

Baca Juga: Manfaat es batu untuk wajah berikut patut Anda coba

Mengobati Sakit Perut

Salah satu kegunaan air mawar adalah mengobati sakit perut.

Mengutip dari Healthline, kegunaan air mawar lainnya adalah mengobati sakit perut. Tak hanya meredakan rasa sakit, air mawar juga mampu meningkatkan sekresi empedu sehingga sistem pencernaan Anda bisa kembali sehat.

Meski tak berbahaya untuk digunakan, air mawar tetap memiliki risiko, apalagi jika Anda alergi terhadap sari bunga. Sebaiknya, gunakan air mawar setelah berkonsultasi dengan dokter supaya tak menimbulkan efek samping apa pun.

Selanjutnya: 4 Cara merawat Bunga Mawar yang sederhana dan mudah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×