HOME

Ini manfaat daun mint untuk kecantikan kulit dan rambut Anda

Senin, 02 November 2020 | 11:49 WIB Sumber: Kompas.com
Ini manfaat daun mint untuk kecantikan kulit dan rambut Anda

ILUSTRASI. Ilustrasi. Manfaat daun mint untuk kecantikan kulit dan rambut.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Daun mint memiliki rasa dan aroma yang khas. Faktanya, daun mint bermanfaat untuk merawat kecantikan kulit dan rambut. 

Daun mint cukup populer di tanah air. Daun mint memiliki aroma dan rasa yang khas. Kedua hal tersebut membuat daun mint kerab digunakan sebagai bahan tambahan dalam menu minuman.  

Baca Juga: Asam urat kambuh lagi? Daun sirsak bermanfaat sebagai obat herbal asam urat

Tidak hanya itu, daun mint memiliki bentuk yang mungil dan berwarna hijau. Hal ini membuat daun mint banyak digunakan sebagai bahan penghias makanan dan minuman. 

Namun, Anda perlu tahu daun mint memiliki manfaat merawat kecantikan kulit dan tubuh.

Berikut manfaat daun mint untuk kecantikan kulit dan rambut Anda.  

1. Anti-inflamasi 

Gigitan nyamuk meninggalkan noda kemerahan dan gatal. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggosok kulit menggunakan daun mint untuk mencegah iritasi dan melembutkan permukaan kulit, serta menghilangkan rasa gatal yang mengganggu. 

2. Menghilangkan kutu rambut 

Rambut berkutu adalah “dosa besar” bagi perempuan dewasa modern, selain memalukan, juga dapat merusak kulit kepala dan menimbulkan bau. 

Gunakanlah minyak mint untuk menyingkirkan kutu yang “bersarang” pada rambut Anda. Caranya, pulaslah minyak mint pada kulit kepala sembari dipijat, lakukan perawatan ini secara rutin, 3-4 kali seminggu. 

3. Mencerahkan bekas jerawat 

Salah satu hal yang membuat perempuan jadi rendah diri adalah tebaran bekas jerawat pada bagian wajah. Untuk menghilangkan dan mengembalikan warna cerah pada kulit muka bisa  menggunakan jus daun mint. 

Campurkan oat dengan jus mint, kemudian oleskan pada wajah sebagai masker. Bila dilakukan dengan rutin, dapat menyamarkan luka bekas jerawat, serta menyingkirkan sel mati yang menyumbat pori-pori.  

4. Menghilangkan komedo 

Kehadiran komedo pada wajah, tentu sangat mengganggu penampilan. Gunakan daun mint untuk menghilangkannya. 

Caranya terbilang mudah, Anda harus meletakkan daun mint yang sudah dihaluskan di seluruh bagian wajah yang berkomedo, lalu diamkan selama15 menit, kemudian bilas sampai bersih.  

5. Mengobati jerawat 

Sudah mencoba berbagai macam obat, namun jerawat tak kunjung hilang. Campur jus mint dengan air mawar dan gunakan sebagai masker di wajah. Diamkan selama 20 menit dan bilas hingga bersih.(Christina Andhika Setyanti) 

Baca Juga: Manfaat pare untuk kesehatan yang wajib Anda tahu

Selanjutnya: Ini manfaat konsumsi kunyit asem untuk kesehatan tubuh Anda

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Daun Mint"

Editor: Tri Sulistiowati


Terbaru