kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,20   6,85   0.74%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tak Hanya Menyegarkan, Ini 7 Manfaat Kelapa Muda untuk Kesehatan Tubuh


Jumat, 20 Oktober 2023 / 15:46 WIB
Tak Hanya Menyegarkan, Ini 7 Manfaat Kelapa Muda untuk Kesehatan Tubuh
ILUSTRASI. Tak Hanya Menyegarkan, Ini 7 Manfaat Kelapa Muda untuk Kesehatan Tubuh. Kontan/Alri kemas


Penulis: Bimo Kresnomurti

Manfaat Kelapa Muda - JAKARTA. Simak sederet manfaat kelapa muda untuk kesehatan kulit hingga jantung. Konsumsi kelapa tentu bisa memenuhi nutrisi penting pada tubuh.

Kelapa muda merupakan buah kelapa yang belum sepenuhnya matang dan biasanya memiliki dua bagian utama. Daging yang keras di dalamnya dan air kelapa yang terletak di dalam daging.

Ketika kelapa belum matang, dagingnya masih lunak dan airnya belum berkembang sepenuhnya. Inilah yang disebut sebagai kelapa muda.

Kelapa muda memiliki rasa yang lebih ringan dan tekstur yang lebih lembut dibandingkan dengan kelapa tua yang biasa kita konsumsi.

Baca Juga: Ini 6 Cara Memutihkan Gigi dengan Bahan Alami dari Rumah

Kelapa muda

Manfaat kelapa muda untuk kesehatan

Air kelapa dalam kelapa muda biasanya sangat segar dan mengandung banyak elektrolit, seperti kalium, yang menjadikannya minuman yang sangat menyegarkan.

Kelapa muda sering disantap sebagai camilan atau minuman di berbagai negara tropis. Bahkan, kelapa muda dilakukan dengan membuka kulitnya dan kemudian bisa diminum air kelapanya.

Daging kelapa muda juga bisa dimakan dan biasanya lebih mudah diambil daripada daging kelapa tua yang keras. Buah ini memiliki banyak manfaat dan dapat dimanfaatkan dalam berbagai cara.

Berikut adalah beberapa manfaat dan penggunaan dari kelapa muda dilansir dari laman Prevention.

Baca Juga: Simak 5 Obat Darah Tinggi dan Cara Mengatasi Darah Tinggi Secara Alami

1. Minuman Segar

Isi dari kelapa muda adalah air kelapa yang kaya akan elektrolit alami, seperti kalium. Ini membuatnya menjadi minuman yang segar dan bermanfaat untuk menghidrasi tubuh, terutama saat cuaca panas atau setelah aktivitas fisik.

2. Sumber Nutrisi

 Air kelapa mengandung sejumlah nutrisi penting, termasuk vitamin C, serat, dan berbagai mineral. Ini dapat membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda.

3. Penyegar Mulut Alami

Air kelapa dapat membantu membersihkan mulut dan menghilangkan bau napas yang tidak sedap. Kandungan asam laurat dalam air kelapa juga memiliki sifat antibakteri yang membantu menjaga kesehatan mulut.

4. Mengobati Diare dan Dehidrasi

Air kelapa dapat membantu meredakan gejala diare karena kandungan elektrolitnya dapat menggantikan cairan dan elektrolit yang hilang akibat diare.

Karena sifatnya yang menghidrasi, air kelapa sering digunakan untuk mengatasi dehidrasi ringan.

5. Kesehatan Jantung

Kandungan kelapa mudah salah satunya adalah potasium melalui air kelapa yang bermanfaat bagi kesehatan jantung. Potasium dapat membantu mengendurkan pembuluh darah untuk meningkatkan aliran darah yang sehat dan mengatur tingkat tekanan darah.

6. Bahan Masakan dan Minuman

Daging kelapa muda dapat digunakan dalam berbagai hidangan dan minuman, seperti es kelapa muda, salad buah, atau hidangan laut. Daging kelapa muda sering juga digunakan dalam masakan Asia Tenggara, seperti rendang.

7. Kosmetik Alami

Minyak yang berasal dari ekstrak kelapa muda dapat digunakan sebagai bahan dalam produk perawatan kulit dan rambut alami. Minyak kelapa muda memiliki sifat pelembap dan dapat membantu menjaga kelembapan kulit dan rambut.

Selain itu, olahan gel dari kelapa muda dapat digunakan sebagai masker wajah alami untuk membersihkan dan memberikan hidrasi ke kulit.

Dari sederet manfaat kelapa muda untuk kesehatan tentu bisa menjadi pertimbangan untuk konsumsinya secara rutin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×