kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tak hanya heartburn, waspadai 5 gejala sakit maag ini


Senin, 25 Oktober 2021 / 12:18 WIB
Tak hanya heartburn, waspadai 5 gejala sakit maag ini
ILUSTRASI. Heartburn termasuk salah satu gejala sakit maag yang dapat Anda alami.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Heartburn atau sensasi terbakar di sepanjang saluran pencernaan jadi salah satu gejala sakit maag yang umum terjadi. Namun, tahukah Anda bahwa masih banyak kondisi lain yang menandakan adanya masalah di lambung Anda?

Berbagai macam faktor bisa jadi penyebab sakit maag. Mulai dari makan dalam porsi yang terlalu banyak, waktu makan yang tidak teratur, mengonsumsi jenis makanan dan minuman tertentu, serta faktor-faktor yang lain.

Usahakan untuk tidak melakukan kebiasaan yang dapat memperburuk kondisi lambung, ya. Jika Anda terus melakukannya, ciri-ciri penyakit maag berikut ini bisa Anda rasakan dalam jangka waktu lama. Jangan lupa pula untuk memeriksakan diri ke dokter untuk menghindari hal-hal yang tak Anda inginkan.

Mual

Mengutip dari GI Alliance (gialliance.com), penyakit lambung bisa membuat Anda merasakan mual. Untuk menguranginya, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan. Mulai dari memakai pakaian longgar, berhenti merokok, tidak langsung berbaring setelah makan, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Cek 6 makanan yang tidak boleh dimakan penderita asam lambung

Batuk

Batuk bisa jadi gejala sakit maag.

Batuk jadi gejala sakit maag berikutnya yang dapat Anda alami. Kondisi itu terjadi ketika asam lambung naik masuk ke saluran pernapasan. Selain menyebabkan batuk, asam lambung naik juga bisa menimbulkan mengi yang mana membuat Anda tidak nyaman.

Nyeri Dada

Seperti yang telah disebutkan, masalah pada lambung dapat memicu kemunculan heartburn. Nah, heartburn itulah yang dapat membuat dada Anda terasanya nyeri. Ada banyak orang yang menyalahartikan kondisi tersebut dengan serangan jantung.

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Apalagi jika nyeri dada sering Anda alami. Dengan mengonsultasikannya ke dokter, Anda bisa mendapat perawatan yang sesuai dengan kondisi tubuh Anda.

Baca Juga: Ciri-ciri maag ini bisa terjadi, ada yang Anda alami?

Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan termasuk gejala sakit maag.

Melansir GI Alliance, sakit tenggorokan bisa jadi tanda penyakit lambung. Asam lambung yang naik ke saluran pencernaan atas dapat menimbulkan iritasi. Seiring berjalannya waktu, sakit tenggorokan pun Anda alami.

Asam lambung yang mengiritasi membuat tenggorokan inflamasi atau meradang. Akibatnya, tenggorokan akan membengkak sehingga Anda mungkin akan mengalami kesulitan untuk menelan. Tidak berhenti sampai di situ, kondisi tersebut juga dapat membuat suara Anda serak.

Cegukan

Gejala sakit maag lainnya yang tak boleh Anda abaikan adalah cegukan. Untuk meredakan cegukan, cobalah untuk mengatur pernapasan, minum banyak air putih, mengisap gula atau lemon, dan cara mengobati cegukan yang lain.

Selanjutnya: Mulai dari jahe hingga teh, coba 6 obat maag alami ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×