kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ciri-ciri maag ini bisa terjadi, ada yang Anda alami?


Jumat, 15 Oktober 2021 / 13:55 WIB
Ciri-ciri maag ini bisa terjadi, ada yang Anda alami?
ILUSTRASI. Ciri-ciri maag sebaiknya Anda perhatikan.


Penulis: Belladina Biananda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Maag adalah istilah yang merujuk sekumpulan kondisi yang berhubungan dengan masalah di lambung. Ciri-ciri maag yang biasa terjadi adalah heartburn atau muncul sensasi terbakar di sepanjang saluran pencernaan.

Tidak berhenti sampai di situ, masih banyak gejala maag lain yang sebenarnya bisa Anda alami. Tentu saja Anda perlu mewaspadainya supaya masalah kesehatan tak memburuk. Jika perlu, segera hubungi tenaga kesehatan, ya.

Selain itu, pastikan untuk menerapkan pola hidup sehat. Usahakan untuk menghindari makanan pemicu asam lambung, kontrol stres dengan baik, tidak langsung berbaring setelah makan, dan lain sebagainya. Dengan begitu, gejala-gejala ini bisa berkurang.

Nyeri Dada

Seperti yang telah disebutkan, heartburn bisa Anda alami karena masalah di lambung. Mengutip dari Prevention (prevention.com), heartburn itulah yang menyebabkan nyeri dada. Rasa sakit juga bisa menjalar hingga ke tenggorokan dan mulut yang mana membuat Anda tak nyaman.

Baca Juga: Yuk kenali jenis, penyebab dan gejala kanker perut

Mulut Terasa Pahit

Mulut terasa pahit termasuk ciri-ciri maag.

Sehubungan dengan poin sebelumnya, saat asam lambung naik ke mulut, Anda dapat merasakan rasa pahit. Jika kondisi itu sering Anda alami, jangan ragu untuk membicarakannya dengan dokter, ya. Dengan begitu, Anda bisa mendapat perawatan yang sesuai dengan cepat.

Sulit Menelan

Ciri-ciri maag berikutnya yang bisa Anda alami adalah Anda mungkin kesulitan untuk menelan. Asam lambung naik dapat melukan tenggorokan yang mana mengganggu proses makanan masuk ke tubuh. Saat bisa menelan pun, Anda akan merasakan rasa sakit yang cukup parah.

Baca Juga: Sering batuk saat asam lambung naik? Begini cara alami mengatasinya

Batuk

Batuk bisa jadi ciri-ciri maag.

Prevention menambahkan bahwa penyakit maag dapat membuat Anda sering batuk. Dengan konsumsi obat yang tepat, hal itu bisa teratasi dalam waktu sekitar 2 minggu. Namun, jika waktu penyembuhan lebih lama, bisa jadi batuk justru terjadi karena faktor lain, seperti alergi atau infeksi sinusitis.

Sering Bersendawa

Selain beberapa hal di atas, sering bersendawa juga termasuk dalam daftar ciri-ciri maag. Hal itu terjadi karena makanan dan minuman yang Anda konsumsi tak bisa tercerna dengan baik. Jika Anda mengalami hal itu, tak ada salahnya untuk meminta saran pengobatan dokter.

Selanjutnya: 4 Gejala penyakit liver ini bisa terjadi pada tubuh Anda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×